Emmanuel Macron Terpilih Sebagai Presiden Prancis

oleh -

JPEG20170508065902sergap TKP – PARIS

Emmanuel Macron terpilih sebagai Presiden Prancis periode 2017 – 2022 setelah berhasil menumbangkan rivalnya Marine Le Pen dengan keunggulan 62,70 persen berbanding 37,30 persen dalam pemilihan putaran kedua yang digelar pada Minggu (7/5/2017).

Hal tersebut juga menjadikan mantan menteri ekonomi berusia 39 tahun ini sebagai Presiden termuda dalam sejarah Perancis. Kemenangannya juga seolah olah mematahkan dominasi partai Sosialis dan Republik yang telah mendominasi sejak perang dunia ke-II.

“Sebuah lembaran baru dari sejarah panjang dimulai. Kembalinya harapan dan kepercayaan,” ujar Macron dalam pidatonya sesaat setelah hasil pemilihan putaran kedua diumumkan seperti dikutip dari Reuters.

Sekedar diketahui, pada pemilihan putaran pertama yang digelar pada (23/4) Macron hanya unggul tipis dengan 24,1 persen dari tiga pesaing terdekatnya yakni Le Pen dengan 21,30 persen, François Fillon dengan 20,1 persen, serta Jean-Luc Mélenchon dengan 19,58 persen.

Atas kemenangannya tersebut sejumlah tokoh elit dunia seperti Presiden Prancis François Hollande, Kanselir Jerman Angela Merkel sampai Presiden Amerika Serikat Donald Trump turut memberikan ucapan selamat pada Marcon.

“Selamat pada Emmanuel Macron atas kemenangan besarnya hari ini sebagai Presiden Prancis berikutnya. Saya sangat berharap bisa bekerjasama dengannya,” tulis Donald Trump melalui akun Twitter pribadinya.

Tinggalkan Balasan