Cegah Hoax Polda Jatim Gunakan Cyber Troops

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Guna mengatisipasi penyebaran berita bohong atau hoax yang cukup masif dilakukan oleh sejumlah oknum tidak bertanggung jawab selama beberapa waktu terakhir, Polda Jatim telah memiliki alat-alat instrumen yang disebut Cyber Troops.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakapolda Jatim Brigjen Pol Drs Widodo Eko Prihastopo yang menyebut bahwa trend hoax di masyarakat sudah mulai menurun dengan banyaknya penutupan situs maupun akun media sosial di internet yang diduga merupakan dalang penyebaran berita bohong serta ujaran kebencian (hate speech) oleh pihaknya.

“Karena mungkin pengganggu-pengganggu dalam tanda petik melalui media sosial itu juga sudah mengetahui bahwa kita punya alat-alat instrumen cyber troops,” ujar Wakapolda usai Rakernis Kehumasan di Mapolda Jatim, Kamis (29/3/2018).

Untuk itu jajaran Humas Polri khususnya Polda Jatim diharapkan bisam menjadi sumber penyampaian kebenaran informasi kepada masyarakat. “Diharapkan masyarakat agar lebih melek, lebih mengetahui tentang informasi-informasi mana yang patut diterima dan mana-mana informasi yang tidak boleh diikuti. Humas-humas diminta seperti itu,” ujar Brigjen Widodo.

 

Untuk diketahui cyber troops yang dimiliki Polri dan sudah dimiliki seluruh Polda di Indonesia tersebut dapat melacak dan mentrace kegiatan-kegiatan masyarakat yang kontraproduktif. “Jadi Polri sekarang tidak hanya patroli secara nyata, melainkan juga patroli di dunia maya,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan