Memperingati Hari Kartini, Biddokkes Polda Jatim Adakan Pemeriksaan Pap Smear Gratis

oleh -
oleh

sergap TKP – SURABAYA

Biddokkes Polda Jatim bekerjasama dengan Lab Pramita mengadakan pemeriksaan Pap Smear gratis bagi Polwan dan ASN (Aparatur Sipil Negara) wanita Polda Jatim. Jumat (26/4/2019).

“Kegiatan pemeriksaan pap smear ini diselenggarakan sekaligus dalam rangkaian memperingati hari Kartini,” kata Kombes Pol Budi Heryadi di Gedung Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Jumat (26/4/2019).

Selain dalam rangkaian memperingati hari Kartini, tujuan pemeriksaan Pap Smear ini juga untuk mendeteksi dini dan mencegah terjadinya kanker serviks pada perempuan, khususnya bagi Polwan dan ASN wanita Polda Jatim.

“Penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim masih menjadi momok menakutkan bagi setiap perempuan. Bahkan kanker serviks menjadi pembunuh atau penyebab kematian tertinggi pada kaum perempuan di dunia,” ujar  Budi Heryadi.

“Berdasarkan data, Indonesia pada 2017 tercatat menduduki rangking tertinggi kedua di dunia penderita kanker serviks,” terang Budi.

Budi menghimbau, untuk semua kaum wanita biasakan pola hidup sehat. Kemudian memeriksakan diri secara berkala, minimal setahun sekali. Terutama bagi ibu-ibu yang sudah berkeluarga, pemeriksaan pap smear dan payudara sama pentingnya untuk mencegah terjadinya kanker.

“Lebih baik mencegah dan deteksi dini. Sebab kalau sudah timbul stadium lanjut, kita tidak bisa apa-apa. Dan obatnya juga susah,” imbaunya.

Menurut Budi, dampak terburuk dari kanker serviks dan kanker payudara bisa mengakibatkan kematian. Bahkan, sambungnya, salah satu anggota dokter di Biddokkes Polda meninggal dunia lantaran terkena kanker payudara. Dan itu diketahui setelah penyakitnya masuk stadium akhir.

Budi juga menambahkan, Jika kegiatan seperti ini secara berkala dilaksanakan setiap bulannya. Bahkan pemeriksaan pap smear gratis ini dilaksanakan secara berkala di tiap Polres-Polres. Targetnya 60 orang setiap kali kegiatan. Untuk itu pihaknya membuat program bagi seluruh Polwan dan ASN Polda Jatim untuk melakukan pemeriksaan pap smear dan kanker payudara gratis.

“Tidak ada persyaratan khusus, yang penting datang dan kita layani. Program ini sebetulnya setiap bulan kita laksanakan,”  tuturnya.

“Bagi Polwan dan ASN yang mau peri.ksa, kamis fasilitasi, dan gratis. Masyarakat pun silahkan, bisa periksa disini. Lebih baik mencegah dini daripada mengobati.” pungkasnya.