Kabid TI Polda Jatim Sarankan Anggota Gunakan Email Dinas

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Kepala Bidang Teknologi Informasi (Kabid TI) Polda Jatim, Kombes Pol Sigit Dedy Purwadi menyarankan anggota Polda Jatim untuk menggunakan email dinas resmi milik Polri @polri.go.id yang lebih terjamin keamanannya.

“Kalau email sebenarnya kalau di dunia maya di dunia internet siapapun boleh ada @yahoo.com, ada @gmail.com, dan sebagainya. Kalau institusi sendiri Polri juga punya alamat email sendiri sendiri,” jelas Sigit di Mapolda Jatim, Jumat (19/7/2019).

Kendati demikian Sigit tidak melarang anggota menggunakan alamat email lainnya. “Anggota Polri boleh menggunakan yang mana (saja.Red) boleh, tapi lebih bagus lebih safety menggunakan yang punya Polri, @polri.go.id,” ujarnya.

Ia menegaskan penggunaan email dinas ini sendiri bukan merupakan instruksi khusus. “Ya himbauan khusus tidak ada cuma mungkin kita punya sendiri kok, akan lebih baik jika menggunakan punya sendiri dibandingkan punya orang lain,” ungkapnya.

Sementara itu terkait keamanan data dari alamat dinas @polri.go.id itu sendiri telah didesain sedemikian rupa sehingga keamanannya lebih terjamin dibanding email non dinas.

“Jadi tadi saya katakan menggunakan (email) apapun boleh. Kalau yang Polri lebih bagus mungkin menggunakan yang Polri sendiri, tentunya keamanan sudah kita buatkan untuk seaman mungkin, kalau milik sendiri,” paparnya.

Perwira menengah Polri dengan tiga melati dipundaknya tersebut, juga mengungkapkan bahwa setiap personel Polda Jatim sudah memiliki email dinas tersebut. “Ya setiap anggota sudah punya tinggal nanti ada password tertentu yang bisa diubah anggota sendiri,” ujar Sigit.

Ia juga menjelaskan bahwa alamat email ini bukan hanya di Polda Jatim saja. “Seluruh, bukan hanya Polda Jatim mungkin, di Polda Polda lain sudah ada alamat emailnya, tinggal mau menggunakan atau tidak,” terangnya.

Email dinas ini sendiri sebenarnya juga bukan merupakan sesuatu yang baru. “Sudah lama Polri memiliki itu sudah lama mungkin perlu disosialisasikan kembali agar informasi ini diketahui,” ucap Sigit.

Ia menjelaskan email dinas tersebut adalah milik institusi Polri, jadi lebih baik menggunakan produk sendiri yang keamanannya juga lebih terjamin.

“Ya alamat email untuk berkomunikasi, namanya email,¬†electronic mail¬†bersurat melalui jaringan komunikas semacam itu akan lebih safety menggunakan jaringan kita sendiri dibandingkan menggunakan jaringan orang lain,” ungkapnya.

Sementara itu terkait keamanan data data penyidikan, Sigit mengaku yakin bahwa penyidik juga sudah mempunyai trik tersendiri untuk mengamankan hasil penyidikan.

“Tahu sendirikan dunia maya ini kan, kejahatan dunia maya pun sekarang sudah berkembang lebih bagus kita mengantisipasi untuk memproteksi diri sendiri,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan