Pasca Unjuk Rasa di Depan Pendopo Cianjur, Belasan Mahasiswa Diamankan

oleh -2 views

sergap TKP – CIANJUR

Sebanyak belasan oknum mahasiswa yang melakukan unjuk rasa di depan Pendopo Cianjur diamankan polisi. Kamis (15/8/2019).

Penangkapan sejumlah oknum mahasiswa itu merupakan buntut dari tiga orang anggota polisi yang terbakar saat mengamankan aksi unjuk rasa mahasiswa di Pendopo Bupati Cianjur, Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan, ada tiga orang anggotanya yang mengalami luka bakar saat mengamankan aksi unjuk rasa mahasiswa di Kabupaten Cianjur tersebut.

Dua korban merupakan anggota Satuan Sabhara Polres Cianjur yakni Bripda Yudi Muslim dan Bripda F.A Simbolon. Sedang satu korban lainnya yang mengalami luka bakar sekitar 80 persen di sekujur tubuhnya yakni Aiptu Erwin, merupakan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Cianjur.

Kombes Pol Trunoyudo menuturkan, Aiptu Erwin terbakar saat sedang memadamkan ban yang dibakar oleh kelompok pendemo, OKP Cipayung Plus Cianjur. Dan kedua korban lainnya yang juga mengalami luka bakar karena berniat memadamkan api yang menyambar tubuh Aiptu Erwin.

“Pada saat pemadaman api ada seorang oknum dari kelompok itu yang menyiram bersangkutan (korban) dengan bahan bakar minyak yang mudah terbakar, sehingga kondisi Aiptu Erwin terbakar,” kata Kombes Pol Trunoyudo.

Para korban saat ini sudah dalam penanganan tim medis dan dirawat di RSUD Cianjur.

Polisi menduga, ada kesengajaan yang dilakukan oleh pelaku untuk melakukan penyiramankan bahan bakar minyak kepada korban.

Trunoyudo menegaskan, Karena insiden tersebut Trunoyudo menegaskan sudah ada belasan mahasiswa yang diamankan dari 50 mahasiswa pada unjuk rasa yang digelar di Pendopo Cianjur itu.

Penyidikan maupun penyelidikan pun tengah dilakukan oleh jajaran Polres Cianjur untuk menetapkan tersangka penyiraman.

“Polres Cianjur dibackup Dirkrimum Polda Jabar untuk melakukan pemeriksaan, terkait hasil pemeriksaan nanti tunggu perkembangannya,” ujarnya.

Untuk diketahui, Sebelumnya sejumlah pengunjuk rasa yang mengatasnamakan dari kelompok Organisasi Kepemudaan (OKP) Cipayung Plus melakukan aksi unjuk rasa di Kantor DPRD Kabupaten Cianjur Jalan KH Abdullah bin Nuh.

Di gedung Kantor DPRD Kabupaten Cianjur mereka berkumpul melakukan orasi dan menagih visi misi yang telah disampaikan oleh para anggota dewan. Usai berorasi, mereka kemudian melakukan longmarch ke kantor Pemkab Cianjur.

Sekira pukul 12.30 WIB, masa aksi melakukan pemblokiran di Jala Siliwangi (Depan Pintu masuk Pemda Kab. Cianjur) yang mengakibatkan kemacetan arus lalin sepanjang Jalan Siliwangi Kec/Kab. Cianjur.

Dan sekira pukul 13.00 WIB, massa aksi melakukan pembakaran ban sehingga dilerai oleh anggota Kepolisian, akan tetapi massa yang semakin brutal tiba-tiba menyiram bensin ke sekitar ban, sehingga api menyambar anggota kepolisian yang berusaha memadamkan api tersebut.

Akibarnya tiga orang anggota polisi mengalami luka bakar, Ketiga anggota polisi yang mengalami luka bakar tersebut yakni, Bripda Yudi Muslim, Bripda F.A Simbolon, dan Aiptu Erwin.

Tinggalkan Balasan