Polda Jatim Dalami Kasus Ujaran Rasis ke Mahasiswa Papua

oleh -89 views

Polda Jatim masih terus mendalami kasus ujaran rasis yang dilontarkan ke mahasiswa papua yang sampai saat ini belum terungkap siapa pihak yang melontarkan kata kata tidak pantas tersebut.

Hal ini juga menjadi instruksikan langsung dari Presiden Joko Widodo. “Iya pasti ada pemeriksaan lanjutan, karena ini sesuai perintah Presiden, perintah Kapolri terkait rasisme harus dituntaskan,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera, Jumat (23/8/2019).

Barung juga mengaskan akan menindak tegas siapapun pihak yang melakukan ujaran rasis tersebut. “Siapapun juga, mau TNI, Polri, mahasiswa. Apalagi OKP,” imbuh Barung.

Mantan Kabid Humas Polda Sulsel tersebut juga menerangkan bahwa saat ini pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan terhadap lima koordinator lapangan ormas Surabaya yang sempat mendatangi asrama mahasiswa papua.

Dalam pemeriksaan yang berlangsung di Mapolrestabes Surabaya tersebut, salah satu pihak yang turut menjadi terperiksa adalah Tri Susanti alias Mak Susi. “Betul, termasuk Susi pemeriksaannya di Polrestabes. Belum ada hasilnya, masih baru pemeriksaannya kok,” terang Barung.

Sementara saat disinggung terkait upaya pemeriksaan terhadap oknum TNI AD yang diduga terlibat, Barung menegaskan jika hal tersebut merupakan kewenangan Kodam V Brawijaya. “Kalau TNI tanyakan sama Kapendam,” pungkas Barung.

Tinggalkan Balasan