Aksi Pengibaran Bendera Bintang Kejora, Polda Metro Jaya Tetapkan Delapan Orang Sebagai Tersangka

oleh -4 views

sergap TKP – JAKARTA

Terkait aksi pengibaran bendera Bintang Kejora saat di depan Istana Merdeka, Polda Metro Jaya kabarnya telah menetapkan delapan orang sebagai tersangka.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, Setelah dilakukan evaluasi, Kedalapan orang yang diamankan terkait aksi pengibaran bendera Bintang Kejora di depan Istana Merdeka itu, mereka telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Kedelapan orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka tersebut saat ini masih dalam pemeriksaan penyidik,” kata Kombes Pol Argo Yuwono. Minggu (1/9/2019).

Meski pihak Polda Metro Jaya tidak merinci nama-nama dari delapan orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka, Namun informasi yang didapat sergap TKP, Salah satu dari delapan orang yang ditetapkan sebagai tersangka tersebut yakni, Juru bicara dari Front Rakyat Indonesia (FRI) untuk West Papua, Surya Anta.

“Kedelapan tersangka itu ditangkap karena diduga melakukan pemufakatan jahat atau makar. Intinya ada kaitannya dengan keamanan negara, ada pasal yang ada di KUHP ada pasal 106 dan 110,” ujar Kombes Pol ArgoYuwono.

Berdasarkan Pasal 106 KUHP, kedelapan tersangka dijerat tentang Makar dengan maksud supaya seluruh atau sebagian wilayah negara jatuh ke tangan musuh atau memisahkan sebagian wilayah negara dari yang lain, dengan ancam pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara selama waktu tertentu paling lama dua puluh tahun.

Tinggalkan Balasan