BNNP Jatim dan Kanwil Bea Cukai 1 Jatim Musnahkan Sabu Senilai 31,5 Miliar

oleh -8 views

sergap TKP – SURABAYA

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur (Jatim) bersama Bea dan Cukai Jatim 1 memusnahkan barang bukti shabu seberat 24,5 kg yang ditaksir nilainya mencapai 31,5 miliar.

Pemusnahan yang dilakukan di halaman Kanwil Bea dan Cukai Jatim 1 dihadiri oleh Bakesbangpol Jatim mewakili Gubernur, Kapolda Jatim, Pangdam V/ Brawijaya, Kajati Jatim yang seluruhnya diwakilkan serta sejumlah tokoh ulama dan masyarakat.

Barang bukti yang didapatkan dari empat orang tersangka terebut dimusnahkan dengan cara dimasukan kedalam mesin incinerator sebelum akhir hangus oleh api yang ada dalam mesin tersebut.

Kepala BNNP Jatim, Brigjen Pol Bambang Priyambadha menjelaskan keempat pelaku tersebut yang pertama yaitu Iwan, warga asal Banjarmasin yang diamankan di Jalan Diponegoro dengan barang bukti 6 poket sabu seberat 1.223 gram.

Barang bukti tersebut bakal diserahkan ke tersangka pasangan suami istri (pasutri) Faturahman dan Khusnul Khotimah warga Sidoarjo yang diamankan petugas di Jalan Ketegan Barat, Taman, Sidoarjo usai berusaha kabur mengendarai Mobil.

Selanjutnya barang bukti sabu seberat 19.217 gram yang diamankan dari tersangka Ahmad Sakur di Jalan Banyuates, Sampang, Madura. “Sebanyak 21 paket sabu seberat 19.217 gram akan diedarkan di Sokobanah, Sampang,” terang Bambang.

Bambang juga turut mengapresiasi PT KAI Daop 8 Surabaya yang sudah membantu memudahkan pihaknya saat mengamankan barang bukti sabu 4.104 gram dari seorang kurir narkotika.

“Kami diberikan tempat duduk persis disamping pelaku sehingga dengan mudah melakukan penangkapan,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Kakanwil Bea dan Cukai Jatim 1, Muhammad Purwantoro menjelaskan saat ini cukup banyak modus yang digunakan dalam menyelundupkan narkotika.

Salah satunya seperti sabu asal Malaysia yang disimpan di dalam furniture yang telah dimodifikasi. “Penyelundupan melalui jalur laut dengan modus melalui jasa penitipan barang berupa furniture rumah tangga,” jelasnya.

Bahkan modus tersebut berhasil lolos dari pemeriksaan X-Ray. “Berkat kerjasama dan informasi dari BNNP Jatim kita berhasil gagalkan sabu itu,” pungkasnya.

Kepala BNN Provinsi Jatim Brigjen Pol Bambang Priyambadha

Tinggalkan Balasan