Ditreskrimsus Polda Jatim Tangkap Tersangka Pelaku Ujaran Kebencian

oleh -6 views

sergap TKP – SURABAYA

Petugas Ditreskrimsus Polda Jatim menangkap seorang pria berinisial AD, tersangka pelaku ujaran kebencian yang berkaitan dengan mahasiswa Papua.

Wadirkrimsus Polda Jatim AKBP Arman Asmara, S.H., S.I K., M.H saat konferensi pers di lobby gedung Ditreskrimsus Polda Jatim mengatakan, Tersangka AD, ditangkap di daerah Jawa Tengah atau tepatnya di Kabupaten Kebumen.

“Dimana tersangka tersebut mengungah Youtube dengan mengubah Youtube tersebut ada pada tanggal 17 Juli 2016, diunggah dijadikan tanggal 16 Agustus 2019 dengan judul ‘Tolak Bendera Merah Putih Pada Asrama Digeruduk Warga’,” kata  AKBP Arman Asmara, S.H., S.I K., M.H, Kamis (5/9/2019).

Wadirkrimsus menjelaskan, Penetapan AD sebagai tersangka itu, setelah pihaknya memeriksa bukti-bukti dan keterangan-keterangan para saksi.

“Kita telah memeriksa ada 4  saksi serta saksi ahli. Dengan bukti, baik daripada dengan Youtube itu sendiri kemudian kita  menyita dari pada CD, kemudian ada Video disitu, kemudian kita tetapkan sebagai tersangka dan kita tahan hari ini,” ujar AKBP Arman Asmara.

Menurut Wadirkrimsus, Tersangka AD ini merupakan salah satu warga masyarakat yang memang Youtuber  yang berselancar di dunia maya dan senang untuk mengupload.

Ketika ditanya apakah tersangka AD tersebut ada hubungannya dengan tersangka-tersangka yang telah ditetapkan sebagai tersangka sebelumnya.

“Sama sekali tidak mempunyai hubungan, ini berdiri sendiri dan tentunya berdiri sendiri,” tutur AKBP Arman Asmara.

Sedangkan ketika ditanya, langkah apa yang akan dilakukan Polda Jatim untuk penanganan perkembangan kasus selanjutnya, AKBP Arman Asmara menambahkan jika pihaknya akan terus melakukan pengembangan.

“Kasus lebih lanjut, kita akan melaksanakan kegiatan penyelidikan lebih lanjut melalui media sosial dan keterangan melalui BAP yang disampaikan oleh saksi dan tersangka apakan ada tersangka-tersangka lainnya,” imbuh AKBP Arman Asmara.

Tinggalkan Balasan