Ratusan Bakal Calon Kades di Sampang Ikuti Tes Urine di BNNP Jatim

oleh -4 views

sergap TKP – SURABAYA

Ratusan bakal calon Kepala Desa (Kades) di wilayah Kabupaten Sampang, Madura hari ini Kamis (3/10/2019) mengikuti tes urine di Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur, Jalan Sukomanunggal 55-56, Surabaya.

Tes urine tersebut dijelaskan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Sampang, Nurul Hadi dilakukan untuk mengecek kebersihan para bakal calon dari penyalahgunaan narkotika, mengingat di wilayah tersebut penyebaran narkotika cukup mengkhawatirkan.

Kendati demikian pihaknya menyebut 132 bakal calon Kades tersebut hasil tes urinenya negatif. “Semua bakal calon ini tidak ada satupun terindikasi terlibat atau mengkonsumsi hal hal yang mengandung narkotika,” ungkapnnya.

Hadi menjelaskan pemilihan Kepala Desa di Sampang rencananya akan berlangsung separa serentak pada 21 November 2019 nanti. Adapun 132 bakal calon ini nantinya akan menghasilkan 38 Kades dari 38 Desa dari 14 Kecamatan yang ada di Sampang.

“Mudah mudahan berjalan lancar, aman, rertib dan lancar,” harapnya. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol Bambang Priyambodo juga mengimbau para bakal calon Kades yang telah menjalani tes tersebut bisa tetap terus bersih dari narkotika kendati terpilih ataupun tidak nantinya.

“Karena Bapak Ibu panutan, kepanjangan tangan dari Pemerintah Pusat. Oleh sebab itu panutan ini salah satunya tentu kita harus bersih dari narkotika,” imbau Brigjen Bambang Priyambodo. 

Adapun kriteria tes urine tersebut meliputi 6 parameter diantaranya sabu, ganja, dan ineks atau pil ekatasi, serta obat obatan berbahaya lainnya. “Kalau menggunakan sabu, pasti positif. Kalau menggunakan ganja, positif,” imbuhnya. 

Kegiatan ini sendiri merupakan hasil kerjasama Pemda Sampang dan BNNP Jatim. Hal ini merupakan yang kesekian kali BNNP dan Pemda Sampang berkerjasama dalam mencegah peredaran narkotika. Hal ini juga termasuk pemasangan imbauan dari BNNP terkait narkoba di wilayah Kabupaten Sampang.

Tinggalkan Balasan