Gideon Arief Setyawan, Catatkan Berbagai Prestasi Selama 86 Hari Jabat Dirreskrimum

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Begitu singkat masa jabatan Kombes Pol Gideon Arief Setiawan sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum), tercatat baru tanggal 28 Agustus 2019 lalu dirinya menjabat sebagai salah satu Pejabat Utama (PJU) Polda Jawa Timur.

Namun berkat keprofesionalan dan dedikasi selama 86 hari menjabat Dirreskrimum Polda Jatim, ia mendapatkan tantangan baru sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jatim.

Berbagai prestasi dicatatkan oleh perwira menengah Polri dengan tiga melati tersebut selama 86 masa kepemimpinanannya selama menangani kasus-kasus kriminal umum, salah satunya adalah pengungkapan kasus prostitusi daring yang melibatkan publik figur.

Selain itu tercatat pihaknya telah berhasil mengungkap kasus pembunuhan seorang sales motor yang terjadi di wilayah Kab Pasuruan dengan menangkap tiga dari tujuh tersangka, sampai kasus pedofilia dengan korban mencapai 50 anak laki-laki dibawah umur.

Selain pengungkapan kasus, Alumnus Akpol 1995 juga menghadirkan program unik seperti ekspo barang bukti kejahatan yang digelar akhir September 2019 lalu. Dimana kegiatan tersebut merupakan yang pertama di Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, 1.500 kendaraan baik roda dua dan empat hasil kejahatan dipamerkan dan dikembalikan ke pemiliknya. Barang bukti tersebut dipamerkan di Mapolda Jatim dan Mapolres jajaran.

Jabatan baru yang bakal diemban oleh Gideon sebagai Dirreskrimsus Polda Jatim, diakuinya bukanlah merupakan jabatan baru sebab dirinya sebelumnya sempat menjabat sebagai Dirreskrimsus di Polda Riau namun tentunya tantangan di Jatim jauh lebih kompleks.

“Jabatan Dirreskrimsus ini bukan hal baru buat saya karena sebelumnya juga pernah menduduki jabatan yang sama yakni Dirreskrimsus di Polda Riau. Namun bedanya, di Jatim persoalannya lebih kompleks dan tantangannya jauh lebih besar,” ujarnya Gideon, Rabu (20/11/2019).

Serah terima jabatan Dirreskrimsus Polda Jatim bakal digelar di Mapolda Jatim, Kamis (21/11/2019) sesuai TR (telegram rahasia) Kapolri nomor 3019 dan 3020/XI/KEP/2019 tanggal 8 November 2019. 

Tinggalkan Balasan