Bantu Persalinan Warga, Ipda Bambang Jonet Handoko Terima Penghargaan Wing Dokpol dari Kabid Dokkes

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Pasca videonya yang sempat viral usai menolong seorang ibu-Ibu melahirkan di kebun, Kanit Binmas Polsek Gondang Polres Bojonegoro, Ipda Bambang Jonet Handoko menerima penghargaan dari Kabid Dokkes Polda Jatim Triawan Marsudi.

Penghargaan tersebut diberikan Kabid Dokkes saat ke Bojonegoro dalam rangka tugas supervisi ke rumah sakit maupun urkes di Polres Bojonegoro. “Karena sebagai pejabat baru saya belum menengok ataupun mengunjungi rumah sakit di Bojonegoro maupun klinik di sana,” ujar Kombes Pol Triawan Marsudi saat ditemui di ruangannya, Rabu (11/12/2019).

Lebih lanjut Triawan menjelaskan bahwa pada itu dirinya hendak meresmikan bangunan baru di Rumah Sakit Bhayangka Wahyu Tutuko Bojonegoro sembari  berkenalan dengan anggota yang ada di sana.

“Pada saat itu saya teringat kalau yang namanya Ipda Bambang Jonet Handoko itu viral dia sebagai anggota Polri melakukan pertolongan persalinan pada ibu-ibu yang kalau nggak salah mau ke kebun karena itu dekat di hutan,” ungkap Kabid Dokkes.

Kabid juga mengaku telah mendengarkan cerita bagaimana bahwa kondisi saat itu ibu-ibu itu bersama suaminya ditolong oleh Ipda Bambang Jonet yang membantu upaya persalinan sampai si bayi lahir dan dibersihkan.

Melihat sosok Ipda Bambang, Kabid Dokkes merasa yang bersangkutan perlu diberikan reward karena Atas dedikasinya yang bukan sebagai tenaga medis melalukan kegiatan yang seharusnya dilakukan dokter atau medis, paramedis, atau bahkan seorang bidan.

Perwira Polisi dengan tiga melati dipundak tersebut bahkan sempat bertanya bagaimana cara Ipda Bambang memotong tali pusar bayi, dan ternyata yang bersangkutan sudah telepon puskesmas saat itu.

“Artinya beliau sudah melakukan tindakan sesuai Protat (Prosedur Tetap) SOP (standar operasional prosedur), dia menolong persalinan dan bagaimana menolong bayinya dia duduk sampai mungkin kakinya pegel supaya bayinya pada posisi yang nyaman,” ujar dr. Triawan.

Triawan menganggap apa yang dilakukan oleh Ipda Bambang sebagai suatu kegiatan kemanusiaan yang berdasarkan ilmu kesehatan atau ilmu kedokteran yang perlu di apresiasi dalam hal ini dengan pemberian penghargaan Wing Dokpol.

“Ada namanya Wing Dokpol seperti yang saya pakai ini adalah wing kebanggaan kita Dokkes Polri. Jadi ini diberikan pada orang yang sudah pernah melakukan pelatihan Diklat Dikjur Dokpol yang adalah satu kegiatan yang berdasarkan disiplin ilmu kedokteran dan kesehatan,” ungkapnya.

Triawan sendiri yakin bahwa sebenarnya Ipda Bambang sebenarnya tidak berharap mendapat kan penghargaan berupa Wing Dokpol tersebut sebab hal tersebut adalah upaya kemanusian dan tugas polri yang dikedepankan.

“Ada hal yang paling prinsip dari seseorang bahwa orang itu dari karyanya dan saya yakin beliau tidak mengharap untuk mendapat penghargaan, tapi kita kalau sebagai pimpinan ngucapin terima kasih itu saja sudah terima kasih apalagi dengan pemberian Wing Dokpol,” ujarnya.

Kabid Dokkes juga menyebut Bambang juga sempat menerima pelatihan dari fungsi kesehatan sehingga dirinya berani untuk menolong persalinan tersebut. Hal ini juga sekaligus berarti pelatihan kepada rumah sakit Bojonegoro khusunya kepada anggota polri yang lain yang bukan dari unsur medis atau paramedis bisa bermanfaat. 

Ia juga berharap dengan adanya pemberian penghargaan Wing Dokpol tersebut bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Selain itu ia berharap Dokkes bisa menjadi andalan Polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya masyarakat Polri, keluarganya, dan masyarakat umum.

Tinggalkan Balasan