Pemusnahan Terakhir di 2019, Polda Jatim Musnahkan 28 Kg Sabu

oleh -

sergap TKP – SURABAYA 

Sebanyak 28 kg barang bukti narkotika jenis sabu hasil ungkap jajaran Ditresnarkoba Polda Jatim, hari ini Kamis (19/12) dimusnahkan dalam pemusnahan terakhir tahun 2019 di Mapolda Jatim, Surabaya.

Direktur Resnarkoba Polda Jatim Kombes Pol Drs. Sentosa Ginting Manik menjelaskan barang bukti yang dimusnahkan kali ini terdiri dari hasil ungkap Ditresnarkoba dan Polrestabes Surabaya.

“Hari ini telah dimusnahkan sebanyak 28,200 kg sabu. Terdiri dari pengungkapan yang dilakukan Ditres Narkoba Polda Jatim sebanyak 19,9 kg, lalu Polrestabes Surabaya ada 8,3 kg,” jelas Dirresnarkoba.

Lebih lanjut, Ginting menjelaskan barang bukti sabu yang dimusnahkan tersebut berasal dari enam tempat kejadian perkara (TKP) berbeda, dimana salah satu diantaranya merupakan pengembangan, yang pengamanannya dilakukan di Jakarta. 

Perwira menengah Pori dengan tiga melati dipundaknya tersebut merincikan dari enam TKP tersebut empat diantaranya adalah hasil penanganan Polda Jatim, sedangkan dua kasus lainnya adalah hasil penanganan  Polrestabes Surabaya.

Kombes Pol Sentosa Ginting mengungkap bahwa selama 2019 ini pihaknya telah memusnahkan 65 kilogram narkotika jenis sabu, dimana barang bukti narkotika jenis lainnya masih belum bisa diungkapkan karena masih dalam proses penghitungan.

Selain itu pihaknya juga masih belum bisa mengungkapkan berapa tersangka yang telah diamankan pihaknya selama 2019 ini karena masih dalam tahap rekapitulasi, namun Ginting menyebut salah satu kasus paling menonjol di 2019 adalah ungkap kasus narkoba asal Pontianak.

“Kasus yang paling menonjol selama 2019 adalah kasus barang yang dari luar negeri lewat Bea Cukai. Kita akhirnya bisa melakukan penangkapan. Itu barang dari Pontianak dan tersangkanya ada 4 waktu itu,” jelas Ginting.

Mantan Dirresnarkoba Polda Gorontalo itu juga menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan upaya-upaya untuk bisa menekan angka peredaran dan penyalah gunaan narkotika di Jatim.

Tinggalkan Balasan