Petugas Gabungan Gagalkan Penyelundupan 9,3 Kg Daun Khat Asal Yaman

oleh -

sergap TKP – JAKARTA

Petugas gabungan Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta bersama Polresta Bandara Soekarno-Hatta berhasil menggagalkan upaya penyelundupan Narkoba jenis daun khat atau teh arab seberat 9,3 Kg asal Yaman.

Daun khat yang disembunyikan dalam kemasan daun henna itu, dibawa oleh warga negara asing (WNA) asal Yaman berinisial AAH melalui terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta.

Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta Kompol Adi Ferdian Saputra menjelaskan,berdasarkan hasil pemeriksaan sementara daun itu rencananya akan dipakai oleh relasi AAH sesama warga Yaman dan warga Arab Saudi yang berada di Puncak, Bogor, Jawa Barat.

“Berdasarkan pengakuan tersangka, daun khat tersebut akan digunakan bersama-sama dengan relasinya yang ada di Puncak Bogor. Mereka biasanya mengonsumsi daun khat dengan cara diseduh serta dicampur dengan daun teh,” ujar Kompol Adi Ferdian Saputra di Mapolresta Bandara Soetta, Kamis (13/02/2020).

Menurut Kapolresta, efek yang ditimbulkan dari penggunaan daun khat ini mirip dengan efek ganja, seperti halusinasi dan euforia berlebihan. Selain itu, juga menimbulkan ketergantungan. Daun khat juga mengandung zat katinon yang termasuk dalam narkotika golongan 1.

“Daun khat mengandung katinon. Efek yang ditimbulkan sama seperti ganja, yang bisa membuat fly (berhalusinasi),” terangnya.

Apapun alasanya, atas perbuatannya Pelaku terancam dijerat Pasal 114 ayat 2 Undang-Undang No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman paling tinggi penjara seumur hidup atau hukuman mati.

Tinggalkan Balasan