Tingkatkan Kemampuan SAR, Polda Jatim Adakan Pelatihan

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Dalam rangka Kontijensi aman Nusa II menghadapi bencana di wilayah Polda Jatim tahun 2020, Polda Jatim menggelar pelatihan peningkatan kemampuan Search and Rescue (SAR) di Waduk Bening Widas, Kec. Saradan, Kab. Madiun.

Hadir dalam giat tersebut Waka Polda Jatim Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol Djamaludin yang bertindak sebagai pemimpin upacara pembukaan pelatihan di Waduk Bening Madiun tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Brigjen Pol Djamaludin memberikan arahan kepada seluruh personil agar benar-benar melakukan tindakan SAR yang benar karena kegiatan ini sifatnya membantu masyarakat yang terkena bencana.

“Seluruh peserta pelatihan diharapkan mampu mengaplikasikan seluruh teori dan keterampilan yang didapat selama pelatihan untuk keperluan teknis operasional di lapangan pada saat dibutuhkan guna menangani musibah dan bencana yang terjadi dengan baik dan maksimal,” ujar Djamaludin, Rabu (12/2/2020).

Pelatihan ini diharapkan dapat menghasilkan kekuatan SAR yang terintegrasi secara masif, sehingga pelayanan SAR yang dilakukan oleh Polda Jatim kepada masyarakat bisa dilaksanakan secara cepat dan optimal.

“Tugas SAR merupakan misi kemanusiaan dan memiliki dimensi moral yang tinggi bagi insan SAR hal ini menjadi suatu kebanggaan apabila berhasil menyelamatkan nyawa korban,” ujar jenderal bintang satu tersebut.

Selain itu Wakapolda juga berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada para anggota yang telah melakukan tanggap bencana dalam longsor yang terjadi di Bondowoso pekan lalu.

Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan pengecekan perahu karet tanggap bencana, dapur masak keliling, serta alat pengolahan air bersih yang dimiliki Brimob Polda Jawa Timur.

Pelaksanaan latihan kemampuan SAR akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan mulai Rabu sampai Jumat (12-14 Februari 2020) dan diikuti sebanyak 200 anggota Brimob Polda Jatim.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasat Brimob Kombes I Ketut Gede Wijatmika, Dir Polairud, Wadir Lantas, Kapolres jajaran Madiun, Kapolres Nganjuk, dan Dandim Jajaran Madiun.

Tinggalkan Balasan