Polda Lampung Tangkap Penyebaran Berita Hoax

oleh -

sergap TKP – BANDARLAMPUNG

Tim Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Lampung menangkap seorang pelaku penyebaran berita bohong atau hoax terkait seorang pasien 01 terkena virus Corona (Covid-19) yang dirawat di Rumah Sakit Umum dr Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung.

“Pelaku berinisial NS (40) warga Jl. Bunga Sepatu, Kel. Perumnas Waykandis, Kec, Tanjung Senang, Bandarlampung, ditangkap pada Selasa (24/03/20),” kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad. Rabu(25/03/20).

Pelaku ditangkap berdasarkan hasil patroli Tim Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Lampung di media sosial, menemukan adanya postingan video berdurasi 1 menit 20 detik disertai caption pendeta yang terkena Covid-19 meninggal dunia di RSUDAM, yang sempat membuat resah masyarakat.

Atas temuan tersebut, Tim Subdit V Siber Polda Lampung kemudian melakukan penyelidikan dengan mengkonfirmasi ke pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung untuk menanyakan kebenaran informasi jika salah satu pasien 01 yang sedang diisolasi di RSUDAM tersebut telah meninggal dunia.

“Dinas Kesehatan Lampung lalu melaporkan bahwa pasien 01 itu baik-baik saja. Setelah mendapatkan jawaban itu, tim pun langsung bergerak dan mencari keberadaan pelaku. Dan pelaku pun berhasil ditemukan lalu langsung diamankan,” terang Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad.

Dihadapan polisi, tersangka mengakui perbuatannya dan menyebar video tersebut untuk memberitahukan ke masyarakat saja, dan video itu dirinya sebar ke WhatsApp Grup (WAG) RT 11 LK 1 PWK.

Apapun alasan pelaku, atas perbuatannya NS terancam dijerat Pasal 14 ayat (2) sebagaimana dimaksud dalam UU RI Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dengan ancaman hukuman 3 tahun penjara.

Tinggalkan Balasan