Kapolda Hadiri Rapat Pengaman Lebaran di Grahadi

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Kapolda Jatim Irjen Fadil Imran didampingi Kabid Humas Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menghadiri rapat bersama Gubenur Khofifah Indar Parawansa, unsur Forkopimda Jatim, dan Menko Polhukam Machfud MD.

Dalam rapat koordinasi terkait pengamanan lebaran dalam masa pandemi Covid-19 tersebut dilakukan unsur Forkopimda Jatim di Gedung Negara Grahadi dan menggunakan aplikasi video conference guna berbincang langsung dengan Menko Polhukam.

Dikatakan oleh Menko Polhukam bahwa pelaksanaan sholat Idul Fitri dan Mudik Lebaran yang pada hasil kesimpulannya berpotensi berkumpulnya massa secara masif dan tidak diperbolehkan ditinjau dari Permenkes RI dan Perpres RI.

Sehingga lebih disarankan untuk dilakukan di rumah saja. Oleh karena itu TNI Polri dan Muspida agar menggandeng para ulama dan tokoh masyarakat untuk melakukan himbauan secara masif kepada masyarakat.

Nantinya, apabila masih ada yang memaksa untuk melaksanakan salat, dengan terpaksa supaya dihimbau untuk memperhatikan protokol kesehatan dan pencegahaan Covid 19 secara ketat kepada para jamaah.

Sementara itu berdasarkan arahan dari Tito Karnavian selalu Mendagri, shalat idul fitri secara massal jelasnya dilarang. Mengingat saat ini masih adanya pandemi Covid 19 yang sifatnya global.

Selanjutnya Menteri Agama menjelaskan terkait sholat idul fitri dan kementrian agama seminggu yang lalu sudah melakukan imbauan yang isinya “Mari melaksanakan sholat idul fitri dirumah bersama keluarga”.

Sementara itu Kapolri sependapat dengan Menteri Agama terkait kebijakan dengan pemerintah pusat yaitu agar pemerintah daerah menggandeng tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menghimbau secara masif.

Untuk itu pihak Polri bersama TNI melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga sudah melakukan himbauan kepada masyarakat sampai tingkat desa.

Tinggalkan Balasan