Panglima TNI, Perintahkan Jajarannya Untuk Mencermati Perkembangan Lingkungannya

oleh -

sergap TKP – JAKARTA

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melalui video conference melakukan rapat kerja dengan jajarannya. Selasa (5/5/2020).

Rapat tersebut dilaksanakan dengan para Kepala Staf Angkatan, Pangkotama dan seluruh Pejabat Utama TNI.

Panglima TNI membahas soal materi evaluasi peranan TNI dalam penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air. Rapat tersebut dilakukan berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo tentang kebijakan pemerintah dan arahan Presiden terkait penanganan Covid-19 di Tanah Air.

Panglima TNI mengatakan, bahwa sejak awal TNI telah terlibat dalam sejumlah upaya penanganan mulai dari evakuasi WNI, distribusi APD ke seluruh provinsi, menjaga pintu masuk di perbatasan negara, hingga penegakkan PSBB.

Selain itu, Panglima TNI mengapresiasi  satuan dan personel TNI yang memiliki inovasi dan kreativitas membantu menyalurkan bantuan logistik ke masyarakat yang membutuhkan.

“Apresiasi kepada satuan dan personel TNI yang memiliki inovasi dan kreativitas untuk membantu kesulitan rakyat di sekelilingnya. Salah satu inovasi dan kreatifitas yang ditunjukan oleh personel Babinsa Kodim 0906/Tenggarong yang membuat alat sterilisasi dompet, uang, dan telepon seluler,” kata Marsekal Hadi Tjahjanto. Selasa (5/5/2020).

Dalam video conference tersebut, Panglima TNI juga menerima laporan dari Pangdam Jaya/Jayakarta, Pangdam III/Siliwangi, Pangdam IV/Diponegoro, Pangdam V/Brawijaya, Asisten Operasi Kasal dan Asisten Operasi Kasau terkait evaluasi tugas yang telah dilaksanakan.

“TNI harus terus mendukung pemerintah dalam penanganan dari sisi kesehatan, pemberian jaring pengamanan sosial, dan pemulihan ekonomi. Upaya yang harus dilakukan diantaranya membantu pengambilan sampel yang masif, pelacakan secara agresif, dan karantina yang ketat,” tegasnya.

Selain itu, Panglima TNI juga memerintahkan jajarannya untuk mencermati perkembangan lingkungan yang ada di wilayahnya serta menyiapkan antisipasinya.

“TNI juga tetap mencermati perkembangan lingkungan strategis serta menyiapkan antisipasinya, termasuk diantaranya mewaspadai kebakaran hutan dan lahan saat musim kemarau nanti,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan