Kunjung RS Dr. Soetomo, Menkes Janji Segera Kirimkan Bantuan Tenaga Medis

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Letjen TNI (Purn) Terawan Agus Putranto berjanji, akan segera mengirimkan bantuan tenaga medis saat melakukan kunjungan ke RSUD Dr Soetomo, Surabaya.

Dalam kunjungan tersebut Menkes menyebut akan memperbantukan lebih dari 100 tenaga medis seperti dokter dan perawat ke RSUD Dr. Soetomo untuk membantu penanganan Covid-19.

“Saya selaku Menteri Kesehatan akan segera mendorong kebutuhan dokter umum maupun perawat 88 orang, dokter umum 58 orang akan kami dorong segera. Gelombang pertama yang kami dorong adalah dokter, kemudian baru perawat,” ungkap Menkes.

Menkes Terawan juga menyampaikan tenaga medis ini diperbantukan atas permintaan dari Direktur Utama RS Dr. Soetomo, Dr. Joni Wahyuhadi yang mengaku pihaknya cukup kewalahan menangani pasien Covid-19.

Dr. Joni mengaku pasien Covid-19 di RS Dr. Soetomo selalu bertambah dan semakin banyak setiap harinya. Bahkan sejumlah pasien positif Covid tak mendapat kamar karena kamar penuh.

Untuk itu Terawan yang sebelumnya juga merupakan Kepala Pusat Kesehatan TNI AD ini akan mempercepat perbantuan tenaga medis sehingga dapat meringankan beban RS Dr. Soetomo.

“Ini akan segera kami dorong agar RSU dr Soetomo bisa lebih ringan. Kita ingin relaksasi terjadi dan kita sudah buat protokol suapaya relawan gak positif,” imbuhnya.

Protokol tersebut bakal menjadi fokus dalam mengantisipasi terjadi penyebaran virus terhadap para tenaga medis yang menjadi garda terdepan. Apalagi, seperti dikabarkan sebelumnya, banyak kasus perawat atau dokter yang terpapar Covid-19.

Tinggalkan Balasan