Sambut Hari Bhayangkara di Tengah Covid, Kapolda Sarasehan Pemuliaan Nilai Tribrata

oleh -

sergap TKP – MOJOKERTO

Bertempat di Pendopo Agung Trowulan, Kab Mojokerto. Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. M. Fadil Imran menggelar sarasehan Pemuliaan Nilai Tribrata dalam rangka menyambut hari Bhayangkara.

Kapolda yang didampingi Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim dan Kabid humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mendapat sambutan tarian Mayang Rontek sebelum memasuki areal Pendopo Agung.

Dalam sambutannya, Kapolda menyebutkan Patih Gajah Mada menjadi cikal bakal terbentuknya Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang pada zaman itu dikenal dengan Prajurit Bhayangkara.

“Pada kesempatan pagi hari ini saya mengajak seluruh perwira Polda dan saya sendiri untuk mari kita menghayati, mari kita memahami nilai-nilai keluhuran yang rela berkorban untuk bangsa dan negara untuk rakyatnya melindungi rakyatnya,” ungkap Irjen Fadil Imran, Rabu (24/6/2020).

Fadil menceritakan bahwa pada zaman itu prajurit bhayangkara bertindak sebagai pelindung, pengayom, sekaligus pelayan masyarakat.

“Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Patih Gajah Mada mudah-mudahan bisa kita resapi seiring dengan penjelasan sejarah panjang lahirnya Kerajaan Majapahit lahirnya nilai-nilai juang raja-raja Majapahit dan Patih Gajah Mada,” ujarnya.

Kapolda juga mengatakan di usia Polri yang akan menginjak 74 sejak pertama dibentuk pada 1 Juli 1946 ini bukan usia yang muda. Dengan ini Polri harus terus bertumbuh dan semakin dipercaya untuk mewujudkan Kamtibmas yang kondusif dan masyarakat yang semakin produktif.

Tinggalkan Balasan