Hari Tani Nasional Ke-75, Dinas Pertanian Luncurkan Program P2L

oleh -

sergap TKP – TULUNGAGUNG

Serangkaian peringatan Hari Tani Nasional Ke-75 tahun 2020 yang jatuh pada tanggal 24 Sepetember 2020, dengan mengambil tema “Memanfaatkan Pekarangan Yang Ada” Pemkab Tulungagung melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, meluncurkan Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Srikandi. Kamis (24/9/2020).

Selain meluncurkan Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Srikandi, pada kesempatan yang sama juga dilakukan panen serentak P2L yang digelar di Desa Kepuhrejo, Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung.Dan panen serentak seluruh Indonesia melalui Vicon bersama Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo., M.M. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Timur Ir. Hadi Sulistyo., M.Si., Ketoa TP PKK Tulungagung Ny. Siyuk Maryoto Birowo, Kepala DKP Tulungagung Ir. Sigit Setyawan., M.M., Kepala Dinas Pertanian Tulungagung Ir Suprapti.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo., M.M. mengatakan, Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) ini bertujuan untuk mendorong masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan menjadi lahan produktif.

“Apabila pekarangan rumah dapat dimanfaatkan secara optimal, maka akan dapat mmeberikan nilai tambah pada perekonomian warga,” kata Maryoto Birowo., M.M disela-sela kegiatan panen serentak P2L di Desa Kepuhrejo, Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung. Kamis (24/9/2020).

Menurut Bupati, Pertanian di Kabupaten Tulungagung termasuk kategori bagus, karena Tulungagung juga merupakan salah satu lumbung pangan penyangga Jawa Timur dan Nasional.

“Untuk Kabupaten Tulungagung, disektor pertanian sudah sangat bagus, apalagi selama ini menjadi penyangga pangan Jatim dan Nasional,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Timur Ir. Hadi Sulistyo., M.Si. mengatakan peringatan Hari Tani Nasional merupakan momentum untuk mengkonsolidasi secara emosional bagi Bangsa Indonesia bahwa pertanian menjadi penting dimana sektor ini sangat stategis bagi Negara ini.

Menurutnya kemajuan sebuah daerah, Kabupaten, Provinsi bahkan kemanjuan Nasional sangat ditentukan oleh akselerasi pertanian yang mampu dioptimalkan untuk lebih kuat karena hal ini turut menandai kekuatan suatu Bangsa.

“Indonesia adalah negara agraris dengan sumber daya alam yang melimpah mulai dari pantai, dataran rendah maupun dataran tinggi yang bisa menjadi resource yang bisa dimanfaatkan anak bangsa,” ujar Hadi Sulistyo

Tinggalkan Balasan