Operasi Yustisi, 7.003 Pelanggar Terjaring

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Operasi yustisi penertiban protokol kesehatan telah bergulir serentak di seluruh kota kabupaten di Jawa Timur. Dari data terkini hingga 17 September 2020, total ada 7.003 pelanggar yang terjaring operasi ini.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan dari 7.003 pelanggar tersebut, 4.775 diantaranya mendapat teguran lisan dan 2.228 pelanggar lainnya mendapat teguran tertulis.

Selain itu sebanyak 2.941 pelanggar juga harus menerima sanksi kerja sosial di fasilitas umum seperti menyapu hingga membersihkan sampah.

Tidak hanya itu 919 pelanggar lainnya juga dikenai denda dengan total nilai denda yang terkumpul sebesar Rp 63.800.000.

“Penindakan administrasi terbanyak di Kota Malang. Untuk nilai denda terbanyak di Kota Surabaya yang mencapai Rp 14.500.000. Denda akan masuk kas daerah masing-masing, dengan teregister dalam berita acara,” imbuh Kombes Pol Trunoyudo, Kamis (17/9/2020).

Dari penindakan kasus tersebut, akan diketahui ada potensi klaster seperti di pasar, tempat keramaian mall, sarana umum dan beberapa titik yang sudah ditentukan secara stasioner dan mobile.

“Pelanggar yang paling banyak adalah kesadaran bermasker. Namun ini tetap dilakukan edukasi dan preventif, sehingga fasilitas yang disiapkan cuci tangan masker didorong terus sehingga ada preventif justice,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan