Penerapan Prokes Pada Tahapan Pilkada, Polda Jatim Gandeng KPU

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Kepolisan Daerah Jawa Timur menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) pada tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Jatim.

Pembahasan terkait penerapan prokes ini dilakukan melalui rapat koordinasi (rakor) di Gedung Rupatama Mapolda Jatim, Selasa (22/9/2020). Ini sesuai Maklumat Kapolri Nomor MAK/3/IX 2020 tanggal 21/9/2020 tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan pemilihan tahun 2020.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan di Jatim, Pilkada serentak bakal berlangsung di 19 Kota dan Kabupaten.

“Kalender kamtibmas penyelenggaraan Pilkada serentak di Jatim ini di tengah pandemi Covid-19. Sehingga Maklumat Kapolri ini kami sosialiasikan kepada penyelenggara, pasangan calon, tim sukses dan seluruh masyarakat,” jelas Kabid Humas.

Tidak hanya KPU dalam hal ini pihaknya juga bekoordinasi dengan Bawaslu Jatim. Sebab selain Maklumat Kapolri, KPU dan Bawaslu pastinya juga memiliki peraturan tersendiri.

“Dimasa kampanye nanti ada Peraturan KPU. Kami mengimbau untuk paslon maupun simpatisan tetap mengikuti ketentuan dan aturan yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara,” terangnya.

Dalam hal ini pihaknya akan memberikan perlindungan dan menjamin keselamatan kepada penyelenggara dan seluruh pihak guna memutus mata rantai Covid-19. Namun apabila terjadi pelanggaran maka pihaknya juga tidak akan segan melakukan penindakan.

“Artinya Polri melandasi pada aturan yang ada, baik itu Undang-Undang maupun peraturan peraturan turunannya. Dalam hal ini seperti Peraturan KPU, Peraturan Bawaslu, Maklumat Kapolri dan yang paling menjadi landasan adalah aturan Undang-Undang,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan