BNNP Jatim Musnahkan 11 Kg Sabu Asal Negeri Jiran

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur memusnahkan 11 kilogram sabu asal Negeri Jiran Malaysia yang disita dari empat orang tersangka dengan dua tempat kejadian perkara (TKP) berbeda.

Kepala BNNP Jatim, Brigjen Pol Bambang Priyambadha menjelaskan keempat tersangka yang diamankan tersebut yaitu Ridwan (36), warga Sokobanah, Madura; Suwoto (45), warga Kencong, Jember; Septian (24), asal Ungaran, Semarang dan Budi Hartono, Probolinggo.

Kepala BNNP menjelaskan dari TKP pertama pihaknya berhasil meringkus tersangka Ridwan, Suwoto, dan Septian di Ruko Puri Gunung Anyar Regency dengan barang bukti 8 kg sabu yang dikemas dalam bungkusan pupuk tumbuhan magnesium chelate.

Sementara Budi Hartono diamankan petugas di Bandara Juanda dengan barang bukti 3 kg sabu yang disimpan dalam satu buah kotak kardus yang berisi stop kontak.

“Mereka sama-sama jaringan narkoba Malaysia,” kata Bambang di Kantor BNNP Jatim, Selasa (20/10/2020).

Lebih lanjut Bambang menjelaskan Ridwan dan Suwoto merupakan kurir. Sedangkan Septian bertindak sebagai penjaga gudang sabu tersebut.

“Penggerebekan ini berawal dari informasi masyarakat terkait pengiriman sabu di Surabaya dan Madura. Dari informasi tersebut, selanjutnya petugas melakukan penyelidikan hingga ke Jember,” ujarnya.

Dari penyelidikan tersebut petugas mendapati tersangka Ridwan dan Suwoto yang tengah melakukan pengiriman sabu yang dibungkus magnesium ke Surabaya.

“Dalam penggerebekan tersebut ditemukan tujuh karton besar sabu-sabu yang dibungkus magnesium,” ujar Bambang.

Sementara tersangka Budi Hartono diciduk petugas di Bandara Internasional Juanda Surabaya usai pesawat udara Air Asia dengan kode penerbangan QZ321 rute Kuala Lumpur (KUL)-Surabaya (SUB) yang ditumpangi tersangka mendarat di Terminal 2 Juanda.

Alhasil dari situ petugas berhasil menyita barang bukti 29 bungkus plastik berisi sabu yang disembunyikan dalam lamp switched socket outlet seberat 3.045 gram.

Tinggalkan Balasan