Peringatan Sumpah Pemuda, Jangan Kehilangan Semangat Persatuan

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober merupakan salah satu perekat persatuan dan kesatuan pemuda di seluruh Indonesia di tengah-tengah tantangan perubahan zaman.

Ketua Relawan Garda Yudha Nusantara, Yahya Soeprianto., S.I.Kom mengatakan, Peringatan hari Sumpah Pemuda jangan sampai kehilangan makna dan esensi dari semangat persatuan yang sejak lama digaungkan para tokoh pemuda.

“Meskipun berbeda, kita harus tetap satu, semangat persatuan harus kita pelihara dengan baik. Tanpa persatuan, kita tidak akan bisa, Makanya kita harus bersatu dan bangkit dari keterpurukan,” kata Yahya Soeprianto., S.I.Kom. Rabu (28/10/2020).

Menurut Yahya, Para pemuda adalah lokomotif dan penggagas perubahan. Bahwa perjalanan Indonesia sebagai sebuah bangsa yang besar hari ini tidak bisa dipisahkan dari peran besar pemuda.

“Spirit kebangsaan harus menjadi platform dan rohnya perjuangan pemuda. Untuk itu peran pemuda harus tetap menjadi corong perubahan sekaligus tempat pertarungan ide dan gagasan,” ujar Yahya.

Yahya menjelaskan, perubahan zaman saat ini merupakan tantangan ke depan yang harus dihadapi pemuda, Karena beragam persoalan akan terus menguji eksistensi pemuda.

“Tantangan yang dihadapi saat ini, Mulai dari ancaman terhadap disintegrasi bangsa, degradasi terhadap nilai-nilai luhur Pancasila, juga kemajemukan yang dipertentangkan di depan mata, serta dampak pandemi virus corona atau Covid-19,” jelas Yahya.

Yahya juga mengajak  agar para pemuda untuk tidak melupakan sejarah dan nilai-nilai luhur yang telah ditanamkan para pendiri bangsa dalam mempersatukan NKRI.

“Momentum peringatan Sumpah Pemuda kali memang berbeda. Saat ini negara juga tengah berjuang melawan wabah Covid-19. Tetaplah bangkit di tengah terpaan pandemi. Kreativitas dan inovasi jangan mengendur karena wabah Covid-19. Idealisme pemuda harus tetap di jaga melalui sikap kritis yang adaptif di tengah-tengah perubahan zaman yang begitu cepat.”pungkasnya.

Tinggalkan Balasan