Dalang Ki Seno Nugroho Meninggal Dunia

oleh -

sergap TKP – YOGYAKARTA

Kabar duka datang dari dunia seni tradisional wayang kulit, Ki Seno Nugroho, dalang kondang asal Yogyakarta, meninggal dunia pada Selasa malam (3/11/2020).

Kabar meninggalnya Ki Seno Nugroho tersebut langsung tersebar luas di antara para penggemar seni wayang kulit melalui media sosial. Nama Ki Seno Nugroho pun sempat menjadi trending di Twitter, dengan banyak netizen hingga tokoh seniman mengucapkan belasungkawa.

Terkait meninggalnya Ki Seno Nugroho tersebut juga dikonfirmasi oleh rekan-rekan sesama seniman, Khocil Birawa,

“Kami sedang menunggu kabar jenazahnya akan dibawa (ke rumah jam berapa),” kata Khocil kepada wartawan. Selasa  malam  (3/11/2020).

Menurut salah seorang teman dekat Ki Seno Nugroho juga mengungkapkan jika almarhum sebelum dikabarkan meninggal bahwa  sempat dibawa ke rumah sakit RS PKU Gamping.

“Saat ini jenazah Ki Seno masih berada di rumah sakit,” ujarnya.

Untuk diketahui, Ki Seno Nugroho adalah dalang muda asal Yogyakarta yang dikenal sebagai salah satu dalang pembaharu gaya pedalangan masa kini.

Dalang kelahiran 23 Agustus 1972 tersebut pada dasarnya merupakan dalang gaya Yogyakarta, namun dia juga sering memadukan dengan gaya Solo di pementasannya.

Ki Seno Nugroho merupakan putra keempat dari pasangan Suparman Cermo Wiyoto dan Sayekti.  Ayahnya, almarhum Ki Suparman Cermowiyoto merupakan salah satu dalang kenamaan gaya Yogyakarta yang sangat termasyur pada masanya.

Tinggalkan Balasan