Jokowi, Semua Pihak Agar Tidak Menyerah

oleh -

sergap TKP – JAKARTA

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghimbau kepada semua pihak agar tidak menyerah pada kesulitan dengan tetap berkreasi dan bergerak maju untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat membuka Pekan Kebudayaan Nasional Tahun 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan dalam video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Sabtu  (31/10/2020) malam.

Menurut Presiden Jokowi, pandemi Covid-19 bukanlah penghalang bagi insan seni dan budaya untuk tetap berkreasi.

“Pekan Kebudayaan Nasional menjadi bukti bahwa para budayawan dan para pekerja seni di seluruh Tanah Air tidak mau tunduk oleh pandemi Covid-19, tidak mau menyerah oleh kesulitan dan tantangan yang dihadapi,” kata Jokowi.

Jokowi menegaskan tidak peduli apa sukunya, apa agamanya, asal daerahnya, semua berupaya meletakkan satu bata, bata budaya, untuk membangun peradaban Indonesia Maju.

Pekan Kebudayaan Nasional tahun ini yang digelar secara daring mengangkat tema “Ruang Bersama Indonesia Bahagia” dengan menjadikan budaya sebagai pijakan dasar dalam menghadapi pandemi saat ini.

“Ketika menghadapi pandemi Covid-19, memori budaya masyarakat tangguh bencana kembali hidup. Lebih dari delapan bulan masyarakat terus memupuk rasa solidaritas, gotong royong, dan mendukung langkah-langkah pemerintah dalam mengatasi pandemi,” tutur Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, Banyak masyarakat yang mengali kembali kearifan lokal, mengangkat lagi jamu tradisional untuk meningkatkan imunitas tubuh. Banyak budayawan dan pekerja seni terus berkreasi agar tumbuh, masyarakat tetap kuat karena terhibur, tenang dan tidak panik.

“Semua bekerja untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia dan bumi Nusantara, Mari kita terus berkarya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, mari terus menggali kearifan lokal untuk memperkuat kemampuan kita dalam menghadapi bencana, mari kita terus menjaga bumi kita dengan sehormat-hormatnya,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan