Kepala Distan Jatim Raih Gelar Doktor Ilmu Administrasi

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Hadi Sulistyo meraih gelar Doktor Ilmu Administrasi usai lulus dalam Ujian Terbuka Disertasi dengan predikat sangat memuaskan.

Dalam sidang terbuka yang berlangsung di Graha Wiyata Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Rabu (4/11/2020) lalu. Dr. Ir. Hadi Sulistyo M.Si mengusung judul disertasi “Pemodelan Transformasi Kelembagaan Dana Bergulir UPK PNPM Mandiri Perdesaan (MPd) Pasca pengakhiran Program,”

Pria kelahiran Jember tersebut mengakui  bahwa judul tersebut dipilihnya tidak lain karena secara pribadi ingin memberikan kontribusi bagi kelembagaan yang mengelola dana bergulir UPK PNPM MP dimana sebelumnya dirinya sempat bertugas.

“Secara faktual, Program Revolving Fund yang dikelola Lembaga eks PNPM MPd pada tahun 2014 saja memiliki asset 1,632 Triliun, dengan modal sosial 72.582 Pokmas serta Kelembagaan sebanyak 522 Lembaga di tingkat Kecamatan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Hadi menjelaskan usai hasil identifikasi berakhir masih banyak sekali permasalahan yang harus dihadapi seperti banyaknya temuan konflik/ dominasi pola bargain positioning antar pelaku daripada pertimbangan profesionalitas dan merit sistem, meningkatnya kolektibiltas, kegamangan legalitas, menurunnya ruh keberpihakan pada RTM/ pemberdayaan masyarakat, serta sejumlah aspek lainya.

“Permasalahan-permasalahan tersebut saya sajikan dalam 6 Aspek yaitu Filosofis, legalitas, kelembagaan, pengelolaan keuangan, SDM, dan perkembangan usaha,” jelasnya.

Secara prosedur penelitian, disertasi Hadi Sulistyo telah teruji secara akademik untuk mengidentifikasi masalah secara faktual, melakukan komparasi model pengelolaan antar Lembaga.

“Akhirnya desertasi ini bisa menyajikan bagaimana formulasi model implementasi kelembagaan yang mengelola dana bergulir yang lebih baik,” terangnya.

Untuk itu  Hadi berharap disertasinya dapat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan menjadi alternatif rujukan baik untuk lembaga pengelola dana bergulir maupun pengambil kebijakan untuk melestarikan dan meningkatkan kemanfaatan aset material maupun sosial yang dimiliki Lembaga Eks UPK PNPM MPd.

“Untuk lebih detail dan lengkapnya dipersilakan public mengakses desertasi saya di Universitas 17 Agustus Surabaya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan