Mendagri, Mendirikan Ormas Tidak Perlu Izin

oleh -

sergap TKP – JAKARTA

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian mengatakan, mendirikan organisasi kemasyarakatan (Ormas) tidak perlu izin. Karena, Indonesia telah menjamin hak berkumpul dan berserikat bagi warganya.

“Ada UU Keormasan dan lain-lain yang membuat organisasi-organisasi boleh tidak perlu untuk mendapat izin, cukup mendaftarkan. Boleh mendaftar, boleh tidak,” kata Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian saat Rapat Koordinasi Nasional Tahun 2020 Forum Kerukunan Umat Beragama yang disiarkan melalui akun Youtube Kemenag RI, Selasa (3/11/2020).

Menurut Mendagri, Indonesia telah mengalami demokratisasi yang dibuktikan dengan aksi demonstrasi tak perlu mengajukan izin seperti masa Orde Baru.

Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 1998, kata Tito telah menjamin kemerdekaan masyarakat Indonesia untuk menyampaikan pendapat di muka umum. Hasilnya, saat ini demonstrasi bisa dilihat setiap hari.

“Itu membuka ruang kebebasan berpendapat. Orang demo cukup memberi tahu, tanpa perlu izin, dan polisi wajib untuk mengamankan,” ujar Tito.

Namun, polisi berhak melakukan pembubaran demonstrasi tersebut apabila ditemukan tidak sesuai dengan aturan dan atau melanggar aturan.

“Demo kalau melanggar baru dibubarkan. Ini tantangan kita,” terangnya.

Tinggalkan Balasan