Presiden Jokowi Minta Mendagri Tegur Kepala Daerah Yang Tak Bisa Beri Contoh Penegakan Protokol Kesehatan

oleh -

sergap TKP – JAKARTA

Presiden RI Joko Widodo meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal (Purn) Tito Karnavian untuk mengingatkan atau apabila perlu menegur kepala daerah yang tidak menegakan protokol kesehatan.

Bahkan Presiden Jokowi juga menyebut bahwa kepala daerah seharusnya turut memberikan contoh yang baik terkait penegakkan protokol kesehatan, dan bukan melakukan yang sebaliknya.

“Kepada Menteri Dalam Negeri saya minta mengingatkan, kalau perlu menegur, kepala daerah baik gubernur, bupati, maupun wali kota agar memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, jangan malah ikut berkerumun,” kata Presiden Jokowi seperti dikutip dari siaran pers yang dirilis Sekertariat Presiden, Senin (16/11/2020).

Jokowi juga menyebut saat ini keselamatan rakyat di tengah pandemi merupakan hukum tertinggi. Untuk itu, penegakan disiplin protokol kesehatan harus dilakukan secara tegas salah satunya dengan pembubaran kerumunan.

“Saya memerintahkan Kapolri, Panglima TNI, dan Ketua Satgas untuk menindak tegas pelanggar pembatasan yang ditetapkan,” tegas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut jangan sampai perjuangan dan pengorbanan para pihak yang menangani dan merawat pasien Covid-19 menjadi sia-sia akibat pemerintah yang tidak tegas menghadapi kegiatan yang bertentangan dengan protokol kesehatan serta peraturan-peraturan yang berlaku.

Presiden Jokowi juga menyebut ketegasan aparat dalam mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan adalah sesuatu keharusan.

“Angka kasus aktif dan kesembuhan Covid-19 di Indonesia menunjukkan perbaikan, jangan sampai rusak karena tidak berani mengambil tindakan hukum yang tegas di lapangan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan