Puncak Perayaan HUT Humas ke-69 di Polda Jatim Berlangsung Sederhana

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Puncak perayaan hari ulang tahun Humas Polri ke-69 yang jatuh pada 30 Oktober 2020 di Polda Jatim akhirnya dilangsungkan hari ini. Hal tersebut sempat tertunda lantaran kesibukan dan padatnya agenda pelayanan masyarakat.

“Karena kemaren ada libur bersama maka tentu kita lakukan kegiatan kegiatan kepolisian maka puncaknya dilakukan hari ini senin pada tanggal 2 November 2020,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin (2/11).

Kegiatan yang berlangsung di kantor Humas Polda Jatim tersebut berlangsung dengan sederhana dan diikuti para personil humas serta para awak media dan jajaran Polres yang turut ikut serta.

Pada kesempatan tersebut juga turut hadir secara virtual melalui video conference Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono serta para pejabat utama yang ada di Divisi Humas.

“Kemudian untuk pelaksanaan ini dinamikanya humas sudah pasti jadi fungsi utama kepolisian dimana sebagai front office atau fungsi didepan dalam kepolisian sebagai sumber informasi sebagai sumber data untuk dokumentasi dan peliputan,” imbuh Kabid Humas.

Hal ini tentunya menjadi sesuatu untuk menunjukan kinerja kepolisian. Ini juga menjadi tantangan tersendiri dalam bagaimana mengembangkan infrastruktur sumber daya manusia yang ada di Humas.

“Tentunya ini sebagai suatu harapan dan doa semuanya maka perkembangannya humas jauh ini sudah cukup berkembang namun belum sesempurna apa yang diinginkan oleh masyarakat institusi ataupun teman-teman media,” ungkapnya.

Trunoyudo juga menyebut bahwa kinerja dari Humas sendiri tidak akan mampu bekerja sendiri tanpa adanya peran serta media dan masyarakat.

“Mari kita jadikan momen ini suatu momen bagai mana Humas Polri mampu memberikan bagaimana objektif dipercaya kemudian partisipasi dalam setiap kegiatannya,” ujar perwira menengah Polri dengan tiga melati dipundaknya tersebut.

Peran Humas sendiri adalah memberikan suatu kontribusi situasi keamanan masyarakat yang kondusif sesuai dengan harapan masyarakat. Halo ini melalui penyampaian informasi tindakan kepolisian baik secara institusi sendiri maupun dalam koordinasi dengan institusi lain dan juga masyarakat.

“Peran humas sejauh ini kan memberikan suatu informasi tindakan tindakan kepolisian yang berkolaborasi khususnya polda jatim berkolaborasi dengan forkopimda dengan Tokoh masyarakat juga dengan masyarakat,” ujar Truno.

Selain itu ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini edukasi secara konstruktif untuk mbentuk pola hidup baru menjadi cukup penting untuk menyadarkan masyarakat untuk mereduksi dan mengurangi mata rantai bahkan memutus mata rantai penyebaran virus ini.

“Dengan adanya program bapak Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Mohammad Fadil Imran tentang kampung tangguh dan masyarakat lebih tangguh dan disini lah peran humas memberikan suatu pencerahan, penerangan, edukasi, dan secara konstruktif juga tentunya ini peran serta masyarakat,” pungkas Truno.

Tinggalkan Balasan