Terlibat Kasus Curat, Penjual Obat Tradisional Diamankan Polisi

oleh -

sergap TKP – KOTA MADIUN

Satreskrim Polres Madiun Kota mengamankan seorang penjual obat tradisional berinisial AWL (27) warga Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB).

AWL terpaksa berurusan dengan pihak kepolisian lantaran diduga terlibat kasus tindak pencurian dengan pemberatan (Curat).

“Aksi kejahatan itu dilakukan tersangka AWL bersama dua orang lainnya yang saat ini menjadi daftar pencarian orang (DPO),” kata Kasat Reskrim Polres Madiun Kota, AKP Fatah Meilana. Jumat (20/11/2020).

Kasat Reskrim mengatakan, ada dua tempat kejadian perkara (TKP) yang menjadi sasaran aksi kejahatan di awal Oktober dan November 2020 tersebut. Pertama, di Perumahan Citra Puri Mojopahit, Kecamatan Manguharjo. Dan yang kedua di Perumahan Royal Orchid Kecamatan Taman.

“AWL ini merupakan kelompok dari spesialis pencurian khususnya dalam perumahan. Jadi sasaran mereka yang jelas rumah-rumah besar. Kalau perkiraan kerugian sekitar puluhan juta rupiah,” ujar AKP Fatah Meilana.

Kasat Reskrim menjelaskan, Dalam aksinya tersangka bersama dua temannya melakukan pencurian dengan mencongkel jendela rumah korban. Saat menjalankan aksinya, para tersangka ini memiliki peran yang berbeda-beda.

“AWL, berperan mengantar dan menjemput. Tersangka lain menuju dan atau dari TKP pencurian. Kemudian juga mengawasi situasi sekitar TKP,” jelas AKP Fatah.

Fatah menambahkan, berdasarkan hasil penyelidikan, komplotan spesialis curat ini beraksi di dua TKP di wilayah hukum Polres Madiun Kota. Kemudian tiga TKP di wilayah Magetan dan satu TKP di wilayah Kabupaten Madiun.

“Selain mengamankan tersangka, dari ungkap kasus di dua TKP  ini, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya berupa laptop, handphone dan perhiasan emas,” imbuh Fatah.

Atas perbuatannya, tersangka AWL terancam dijerat Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Tinggalkan Balasan