Tim Seksi Kesehatan Lanud J.B. Soedirman Laksanakan Simulasi Penanganan Covid-19

oleh -

sergap TKP – PURBALINGGA

Tim Seksi Kesehatan Lanud J.B. Soedirman dibawah pimpinan Lettu Kes dr. Yohan melaksanakan kegiatan simulasi penanganan evakuasi Covid-19 bertempat di proyek bandara J.B. Soedirman dan Poliklinik Siekes Lanud J.B. Soedirman Purbalingga, Jumat (27/11/2020).

“Kegiatan simulasi yang bekerjasama dengan Hutama-NSE Konsorsium ini, diskenariokan pada saat pemeriksaan suhu tubuh karyawan di pintu masuk pos gerbang proyek bandara, terdapat satu orang karyawan yang suhu tubuhnya diatas 38 derajat celsius. Kemudian diarahkan ke pos screening untuk dilaksanakan pemeriksaan awal.” ujar Lettu Kes dr. Yohan.

Setelah hasil pemeriksaan tersebut, kata Yohan, tim teknis bandara kemudian menghubungi Seksi Kesehatan Lanud J.B. Soedirman untuk dijemput dan di evakuasi ke Poliklinik Kesehatan Lanud J.B. Soedirman guna dilakukan pemeriksaan lanjutan dan rapid tes.

Dengan menggunakan alat pelindung diri yang sesuai standar kesehatan penanganan covid-19, tim Siekes Lanud J.B. Soedirman dengan sigap berangkat ke lokasi untuk mengevakuasi pasien tersebut ke Poliklinik Lanud J.B. Soedirman. Kemudian setelah dilakukan pemeriksaan dan rapid tes oleh tim Siekes di Poliklinik, diindikasikan pasien kena suspek virus covid-19.

“Selanjutnya pasien tersebut dibawa ke RSUD untuk dilaksanakan tes PCR, perawatan dan di isolasi. Serta di tempat pemeriksaan awal dilakukan penyemprotan desinfektan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus covid-19. Selama kegiatan simulasi berjalan lancar dan tetap memperhatikan protokol kesehatan penanganan covid-19.” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan