Bareskrim Polri Tangkap Pengusaha Kayu Yang Melakukan Illegal Loging Di Wilayah Kalteng

oleh -

sergap TKP – JAKARTA

Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipiter) Bareskrim Polri menangkap pengusaha kayu berinisial RDP (52) yang diduga melakukan penebangan hutan secara ilegal (illegal logging) di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng).

Tersangka RDP, merupakan pemilik industri UD. Karya Abadi dan Kawus Masauh yang memegang Izin Usaha Industri Primer Hasil Hutan Kayu (IUIPHHK) di desa Tumbang Kaman, Kec. Senaman Mantikei Kab. Katingan Prov. Kalteng.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Rusdi Hartono mengatakan, tersangka memiliki kontrak suplai dari beberapa perusahaan dan hutan hak milik masyarakat. Namun dalam pelaksanaannya, melakukan penebangan liar di dalam kawasan hutan.

“Usaha tersangka melakukan penebangan hutan tanpa dilengkapi dengan dokumen serta diproduksi menjadi kayu olahan yang dijual kepada pembeli yang berada di Pulau Jawa dan Kalimantan,” kata Brigjen Pol. Rusdi Hartono di Mabes Polri, Rabu (30/12/2020).

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, lokasi penebangan liar yang dilakukan tersangka terdapat di banyak tempat di Kabupaten Katingan.

Namun yang dilakukan penindakan oleh tim Dittipidter Bareskrim Polri berada di Desa Tumbang Tangoi, Desa Batu Tukan dan KM 35 yang berada di Desa Tumbang Hiran dan Sawmill UD Karya Abadi di Desa Tumbang Kaman.

“Untuk melindungi hasil penebangan liar tersangka memanfaatkan dokumen resmi dari suplaier yang di input ke dalam Surat Informasi Penatausahaan Hassil Hutan Online (SIPUHH-online). Sehingga hasil produksinya dapat diterbitkan dokumen angkut berupa surat keterangan sah hasil hutan (SKSHHK-KO),” terang Brigjen Pol. Rusdi Hartono.

Selain itu, dari hasil penyidikan ditemukan juga Dokumen SKSHHK-KO yang digandakan untuk menyertai pengangkutan kayu olahan yang dijual kepada pembeli yang berada di Pulau Jawa dan Kalimantan.

Pengungkapan ini, kata Brigjen Pol. Rusdi, diawali dari Laporan Informasi Nomor:LI/232/X/2020/Tipidter yang diterima oleh Bareskrim sekitar akhir bulan Oktober 2020.

Dalam laporan tersebut, diinformasikan adanya kegiatan illegal logging yang dilakukan oleh koperasi UD Karya Abadi di sekitar Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Menindaklanjuti LI tersebut Tim dari Subdit 3 Dittipidter Bareskrim Polri langsung menuju ke lokasi tersebut.

Dari hasil pengembangan informasi dilapangan, Petugas kemudian menaikkan informasi tersebut ke penyidikan berdasarkan laporan tipe A yang dibuat oleh Polisi dengan nomor LP: A/645/XI/2030/ Bareskrim tanggal 13 November 2020.

Selain menangkap pelaku, petugas menyita kayu bulat sebanyak 150 Batang = 170,56 M3 (jenis meranti), Kayu Olahan sebanyak 6586 keping = 112,2923 M3 (jenis meranti). Kemudian 2 Excavator, Buldozer, Jonder, Truck Fuso, 6 Dump Truck, Double Canon, dokumen IUIPHHK, SKSHHK, dokumen Perizinian.

Polri, kata Brigjen Pol. Rudi mengimbau kepada masyarakat apabila di wilayahnya, lingkungannya, diketemukan kegiatan aktifitas illegal khususnya terkait pengrusakan lingkungan agar dapat dilaporkan kepada pihak kepolisian.

“Cepat tolong dilaporkan kepada aparat kepolisian terdekat dan kami tentunya akan menindaklanjuti daripada laporan masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan