Tim Gabungan Bea Cukai Jayapura Bersama Satgas Pamtas Yonif MR 413/Bremoro Gagalkan Peredaran 220 Gram Ganja

oleh -

sergap TKP – JAYAPURA

Tim gabungan Bea Cukai Jayapura bersama Satgas Pamtas Yonif MR 413/Bremoro berhasil menggagalkan upaya peredaran 220 gram ganja di wilayah Kampung Mosso Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Kepala Bea Cukai Jayapura Alberth Simo mengatakan, barang bukti ganja seberat 220 gram tersebut, hasil petroli bersama yang dilakukan tim gabungan Bea Cukai Jayapura bersama Satgas Pamtas Yonif MR 413/Bremoro dengan menyusuri jalur pengangkut kayu di dalam hutan pada Rabu (30/12/2020).

“Tim melakukan patroli dengan menyusuri jalur tersebut karena disinyalir jalur itu juga sebagai tempat hilir mudik pelaku membawa ganja.” kata Alberth Simo. Kamis (31/12/2020).

Pengungkapan kasus ini, berawal saat petugas menemukan tas yang tidak ada pemiliknya, dan ketika dilakukan pemeriksaan ditemukan 3 paket ganja siap edar,

Atas temuan tersebut, tim kemudian melanjutkan patroli dengan terus menyisiri jalan pekerja kayu, dan benar, tak jauh dari lokasipenemuan pertama, petugas kembali menemukan lagi tas dari karung beras yang di dalamnya juga ditemukan ganja kering.

“Didalam tas tersebut ditemukan dua paket ganja lagi. Dengan ditemukan ganja-ganja tersebut maka jalur pekerja kayu tersebut kuat digaan sebagai jalur pelaku pembawa ganja,” terangnya.

Alberth menambahkan, sinergi antara Bea Cukai Jayapura dan Satgas Pamtas Yonif MR 413/Bremoro dalam tahun 2020 ini telah berhasil mengamankan narkotika jenis ganja sebanyak sekitar 1,5 kg yang semuanya berasal dari perbatasan RI-PNG.

“Hal ini mengindikasikan bahwa tingkat penyelundupan narkotika cukup signifikan di perbatasan sehingga membutuhkan pengawasan ekstra dan sinergi antar instansi mutlak diperlukan untuk meningkatkan efektifitas pengawasan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan