Dinkes Jatim Distribusikan Ribuan Dosis Vaksin Sinovac ke Surabaya Raya

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Vaksin Covid-19 Sinovac hari ini, Rabu (13/1) mulai didistribusikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur ke wilayah Surabaya Raya yang meliputi Surabaya, Sidoarjo dan Gresik.

Sekretaris Dinkes Jawa Timur, Hartanto menjelaskan bahwa vaksin yang di distribusikan oleh pihaknya tersebut hanya sekitar setengah dari dosis vaksin yang sebelumnya di alokasikan.

“Untuk Surabaya dari alokasi sebanyak 33.420 dosis vaksin yang akan kita distribusikan hari ini sebanyak 15.000 dosis. Kemudian Kabupaten Sidoarjo dari alokasi 8.717 dosis yang akan kita distribusikan 4.000 dosis. Sementara untuk Kabupaten Gresik dari alokasi 5.858 dosis, didistribusikan 3.000 dosis,” ungkapnya.

Hartanto mengungkapkan bahwa pihaknya sengaja mendistribusikan setengah dari dosis vaksin yang dialokasikan lantaran mempertimbangkan kemampuan cold storage penyimpanan vaksin.

“Dari hasil dari rapat teknis kemarin, Kota Surabaya hanya bisa 15.000 dosis, kemudian Sidoarjo 4.000 dosis dan Gresik 3.000 dosis, seperti yang kami distribusikan hari ini,” paparnya.

Atas hal tersebut maka untuk sisa dosis akan segera didistribusikan setelah cold storage di Surabaya Raya telah siap. “Maka akan segera mungkin akan kita distribusikan dalam waktu dekat,” imbuhnya.

Proses distribusi tersebut akan dikawal oleh aparat kepolisian. Vaksin tersebut dikirim melalui mobil atau armada yang bisa menjamin suhu antara 2 sampai 8 derajat celcius.

“Alhamdulillah, suhunya dari armada Indofarma ini sekarang antara 3 sampai 8 derajat. Artinya masih memenuhi. Ini yang kita jaga supaya kualitas vaksinnya tetap terjaga,” tutup Hartanto.

Tinggalkan Balasan