Gelar Dangdutan, Wakil Ketua DPRD Tegal Divonis 6 Bulan Penjara dan Denda Rp. 50 Juta

oleh -

sergap TKP – TEGAL

Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tegal yang di Ketuai Toetik Ernawati, menjatuhkan vonis hukuman 6 bulan penjara dan denda Rp50 juta subsider 3 bulan dengan masa percobaan setahun kepada oknum Wakil Ketua DPRD Tegal Wasmad Edi Susilo.

Majelis Hakim menilai, Wasmad dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana kekarantinaan kesehatan dan tidak mematuhi perintah pejabat yang sah karena menggelar konser dangdut saat pandemi pada September 2020 lalu.

“Terdakwa dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan telah melanggar Pasal 93 Undang Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Selain itu juga Pasal 216 KUHP karena tidak mematuhi perintah petugas yang berwenang.” kata Humas PN Tegal, Fataroni. Selasa (12/1/2021).

Selain itu, Majelis hakim juga menilai perbuatan terdakwa sebagai pejabat publik tidak mendukung program pemerintah dalam pencegahan penularan COVID-19.

Meski divonis bersalah, Wasmad tidak ditahan namun wajib membayar denda Rp50 juta. Jika tidak membayar, maka akan ditambah kurungan tiga bulan.

“Terdakwa diberi waktu 7 hari setelah vonis apakah menerima putusan atau banding.” ujar Fataroni.

Untuk diketahui, Wasmad Edi Susilo sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka usai menggelar konser dangdut acara pernikahan anaknya di Lapangan Tegal Selatan 23 September 2020.

Wasmad, dinyatakan melanggar UU Kekarantinaan Kesehatan karena konser dangdut yang digelarnya menyebabkan kerumunan massa. Setelah berkas lengkap, Wasmad kemudian menjalani sidang di PN Tegal.

Pada sidang tuntutan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebelumnya meminta majelis hakim menjatuhkan hukuman kepada Wasmad selama 4 bulan penjara, denda Rp20 juta subsider 2 bulan kurungan dengan masa percobaan setahun.

Namun pada sidang vonis, hakim menjatuhkan hukuman kepada Wasmad lebih berat, yakni 6 bulan penjara, denda Rp50 juta subsider 3 bulan kurungan dengan masa percobaan setahun.

Tinggalkan Balasan