Musim Penghujan, Dandim 0812/Lamongan Ajak Masyarakat Sadar Kebersihan

oleh -

sergap TKP- LAMONGAN

Musim penghujan yang mulai menyelimuti Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, seakan menggugah kesadaran masyarakat.

Kesadaran itu, berawal ketika aparat Kodim mengajak semua warga untuk membersihkan setiap saluran air.

“Kalau musim hujan tiba, Lamongan seakan menjadi langganan banjir,” ujar Dandim 0812/Lamongan, Letkol Inf Sidik Wiyono. Selasa, 05 Januari 2021.

Mengingat adanya hal itu, Dandim langsung menginstruksikan personel di jajarannya untuk segera mengajak warga membersihkan sungai maupun selokan di setiap wilayah.

“Kalau banjir, nanti kan yang rugi masyarakat. Maka dari itu, supaya tidak terjadi banjir kita lakukan langkah antisipasi,” tegasnya.

Sontak saja, instruksi itupun mendapat respon positif dari masyarakat, salah satunya warga Kecamatan Kota. Di lokasi itu, beberapa sungai dan selokan langsung menjadi sasaran bersih-bersih warga bersama pihak Koramil setempat.

Fathur Soleh (34), salah satu warga sekitar menjelaskan jika selama ini, bersih-bersih serentak di kampungnya tak pernah digelar.

“Sampah-sampahnya bertumpukkan. Banyak warga yang kurang sadar betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” ungkapnya.

Ia menilai, keberadaan personel Koramil di lokasi itupun seakan mengubah inisiatif warga untuk ikut berpartisipasi membersihkan saluran air tersebut.

“Awalnya sedikit. Tapi ada anggota Koramil disini, masyarakat berdatangan ikut membersihkan sungai ini,” bebernya.

Tinggalkan Balasan