Inggris Siap Menggelar Piala Dunia 2022

oleh

sergap TKP – LONDON

Inggris mengatakan siap menggelar Piala Dunia 2022 seandainya ada kesepakatan untuk membatalkan Qatar sebagai tuan rumah turnamen sepak bola tersebut.

“Jika FIFA meminta kesediaan kita untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia, kita punya fasilitas untuk menyelenggarakannya,” kata John Whittingdale, Menteri Kebudayaan Inggris, yang juga membidangi olahraga.

Whittingdale mengeluarkan komentar ini menjawab pertanyaan anggota parlemen soal kemungkinan Inggris menjadi tuan rumah Piala Dunia, jika ada perubahan atas keputusan FIFA.

Wacana kemungkinan FIFA mengubah tuan rumah Piala Dunia 2022 diangkat oleh ketua asosiasi sepak bola Inggris, Greg Dyke, yang kemudian dikecam Qatar, yang menegaskan tidak ada salah dengan penentuan mereka sebagai tuan rumah.

Negara ini juga menegaskan tetap siap menyelenggarakan Piala Dunia.

Badan sepak bola dunia ini tengah menghadapi penyelidikan pidana di Swiss terkait proses penentuan Qatar dan Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 dan 2018.

Inggris, bersama Portugal-Spanyol dan Belanda-Belgia, mengajukan diri sebagai tuan rumah, namun akhirnya dikalahkan oleh Rusia.
FIFA juga menghadapi penyelidikan oleh aparat penegak hukum di Amerika Serikat terkait dugaan korupsi, yang membuat tujuh pejabat FIFA ditahan.

Krisis FIFA ini mendorong Sepp Blatter, yang baru saja terpilih kembali menjadi Presiden FIFA untuk masa jabatan kelima, mengundurkan diri.

Sejak dilakukan proses hukum atas FIFA, berbagai kalangan meminta agar organisasi sepak bola dunia ini melakukan reformasi besar-besaran. (BBC)

Tinggalkan Balasan