Demam Game Pokemon Go

0

sergap TKP – JAKARTA

Demam game Pokemon Go saat ini sedang melanda dunia, dalam sepekan terakhir di pusat aplikasi App Store dan Google Play, Pokemon Go telah menjadi tren mainan digital baru dan paling banyak diminati serta diunduh oleh para penggemarnya. Rabu (13/7/2016).

Game yang dikembangkan oleh Niantic Lab bersama dengan Nintendo dan The Pokemon Company, berdasarkan catatan di Google Play, setidaknya sudah diunduh lebih dari 100 ribu kali oleh para penggemarnya.

Pokemo Go sebetulnya baru hadir di tiga negara yaitu Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru. Di dua negara terakhir, Pokemon Go sudah memuncaki di pusat aplikasi.

Analis perusahaan web, Similiar Web mengungkapkan dua hari usai dirilis, Pokemon Go telah diinstal lebih dari lima persen perangkat Android di Negeri Paman Sam. Sementara dari sisi pengguna aktif, Pokemon Go nyaris menyamai pengguna aktif Twitter dan menyaingi platform kencan populer Tinder.

Efek dari candu Pokemon Go itu dalam beberapa kasus menimbulkan kabar buruk.

Sejumlan insiden dan tindak pidana terjadi akibat keasyikan terpaku pada game tersebut. Misalnya pengguna cedera tubuh ringan sampai parah karena tak memperhatikan lingkungan sekitar saat memainkan Pokemon Go, dan mulai maraknya aksi perampasan HP saat pengguna sedang berada di tempat-tempat yang sepi.