Polrestabes Surabaya Bongkar Sindikat Pemalsu KTP

oleh

sergap TKP – SURABAYA

Tim Unit Tipidek Satreskrim Polrestabes Surabaya berhasil membongkar sindikat pelaku pemalsuan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Minggu (21/8/2016).

Dari pengungkapan kasus tersebut Polrestabes Surabaya mengamankan dua orang pelaku berinisial AW (35) warga Ngasinan Gersik dan NS (42) warga Darmokali Surabaya.

Selain mengamankan kedua tersangka, petugas juga mengamankan barang bukti berupa seperangkat alat pembuat KTP palsu dan bahannya, serta 11 KTP yang diduga palsu.

Modus operandi tersangka, AW sebagai pembuat KTP yang diduga palsu menerima pesanan dari tersangka NS.

“Tersangka NS sendiri merupakan makelar atau calo hampir selama kurang lebih dua tahun untuk pengurusan STNK dan perpanjangan pajak kendaraan bermotor,” ucap Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya, Kompol Bayu Indra Wiguna,SH,SIK,MIK

“KTP yang dipalsu oleh tersangka, biasanya digunakan untuk mengurus administrasi di pemerintahan, dan untuk pengurusan STNK serta perpanjangan pajak kendaraan bermotor,” terang Kompol Bayu Indra Wiguna.

Untuk pengurusan KTP Palsu tersebut, tersangka biasanya memasang tarif sebesar Rp 25 ribu sampai Rp 50 ribu per orang.

Atas perbuatannya, kedua tersangka terancam dijerat Pasal 263 ayat (1) KUHP dan atau Pasal 55 ayat 1 ke 1 e KUHP tentang Pemalsuan Surat dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

One thought on “Polrestabes Surabaya Bongkar Sindikat Pemalsu KTP

Tinggalkan Balasan