Pelaku Flare Maut, Ditangkap

0

sergap TKP – BEKASI

Pelaku yang menyalakan flare (suar) maut berujung tewasnya Catur Juliantono (32), warga Duren Sawit, Jakarta Selatan saat laga Indonesia melawan Fiji akhirnya berhasil ditangkap petugas Kepolisian Resor Metro (Polrestro) Bekasi Kota.

Kapolrestro Bekasi Kota Kombes Pol Hero Bachtiar menjelaskan pelaku pelemparan flare maut tersebut bernama Andrian Rico Palupi (25). Sedangkan untuk bagaimana pelaku bisa membawa flare tersebut masuk ke dalam Stadion Patriot, Bekasi ia menyebut hal tersebut merupakan kelalaian pihaknya.

“Kami akui kecolongan dan ini akan menjadi bahan evaluasi untuk pengamanan selanjutnya,” ujar Kapolrestro Bekasi Kota, Senin (04/9/2017).

Kejadian itu sendiri terjadi ketika babak memasuki babak pertambahan waktu, saat itu pelaku yang berada di sekltor 17 tribun selatan menyalakan hand flare sebelum akhirnya meyalakan rocket flare.

“Setelah menyala dia bermaksud mengarahkan sinar flarenya ke lapangan, namun belum sempat ke arah atas, tiba-tiba rocket berbalik arah dan meluncur horisontal ke arah tribun timur sektor 12 B dan ternyata mengenai wajah Catur Julianto hingga korban tak sadarkan diri lalu dibawa ke RS Mitra Keluarga Bekasi Barat, namun dalam perjalanan korban tewas,” papar Kapolres.

Kini untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya pelaku terancam dijerat Pasal 359 KUHP tentang kealpaan berujung kematian dengan ancaman melanggar 5 tahun penjara.