Empat Anggota Komplotan Pembobol ATM Dicokok Polisi

0

sergap TKP – JAKARTA

Sebanyak empat orang anggota komplotan pelaku pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) berhasil dicokok aparat jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro (Polrestro) Jakarta Selatan (Jaksel).

Kasatreskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Bismo Teguh Prakoso menjelaskan keempat pelaku yang masing-masing diketahui berinisial MD (43), BS (41), D (41), dan S (40) ini ditangkap petugas dari tempat persembunyiannya usai melancarkan aksinya di sebuah minimarket yang berada di daerah Tebet, Jakarta Selatan.

“Keempatnya ditangkap di tempat persembunyiannya di kawasan Tangerang, Banten dan Tol Cikarang,” jelasĀ  AKBP Bismo Teguh Prakoso, Sabtu (7/10/2017).

Dalam aksinya tersebut pelaku yang berpura-pura melakukan interaksi dengan mengajak ngobrol korban saat kartu ATM korban tersangkut dalam mesin. Saat itu pelaku yang berpura-pura membantu, dengan meminta nomor pin ATM tersebut dengan alasan agar saldo yang ada bisa segera diblokir.

“Lalu datang seseorang membantu menolong dan menarik kartu ATM asli dengan yang palsu. Salah satu pelaku mengajak ngobrol untuk memberi tahu PIN-nya,” lanjut Kasatreskrim.

Usai korban yang berhaasil diperdaya pergi para pelaku ini kemudian langsung melakukan tarik tunai saldo ATM koban sebesar Rp 30 juta. Korban yang kemudian tersadar saldo ATMnya dikuras pelaku kemudian langsung melaporkan hal ini kepihak berwajib.

“Korban langsung melapor ke polisi. Setelah laporan diterima, kami langsung melakukan penyelidikan dengan melakukan pemeriksaan CCTV yang ada di lokasi,” tukasnya.

Akibat perbuatannya tersebut kini keempat pelaku telah diamankan di Mapolresto Jaksel. Kepada keempatnya dipersangkakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara.