Empat Pemuda Pelaku Curas Diamankan Satreskrim Polrestabes Surabaya

0

sergap TKP – SURABAYA

Sebanyak empat orang pemuda pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) berhasil diamankan aparat Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polrestabes Surabaya.

Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya Kompol I Dewa Gede Juliana menjelaskan keempat pelaku yang diamankan tersebut masing-masing berinisial MR (22), warga Jalan Tambak Pring Timur, Surabaya ; SU (19), warga Jalan Kaliasin, Surabaya ; MF (19), warga Desa Kasangka, Sampang, Madura dan AS (17), warga Jalan Penanggungan, Surabaya.

“Komplotan pelaku curas ini baru kita amankan 4 orang. Dimana salah satu tersangka berinisial AS kami titipkan di Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial karena usianya masih 17 tahun,” kata Wakasat Reskrim didampingi Kasubbag Humas Kompol Lily Djafar, Minggu (19/11/2017).

Lebih lanjut Kompol Dewa menjelaskan komplotan ini telah beraksi sebanyak lima kali dengan modus memepet dan memberhentikan kendaraan koban yang umumnya merupakan laki-laki.

“Tersangka MR dan SU bertugas menghentikan korbannya. Sementara tersangka AS bertugas mengambil kendaraan. Apabila sudah berhasil menghentikan korbannya, baik tersangka MF dan lainnya turut memukuli korban hingga tak berdaya,” jelasnya.

Setelah itu para pelaku ini langsung membawa  lari sepeda motor milik korbannya. “Setelah berhasil membawa lari motor korban, komplotan ini langsung membawa motor hasil curian dan dijual ke kawasan Madura dengan harga Rp 2,5 hingga sampai 5 juta,” papar Wakasat.

Akibat perbuatannya tersebut para pelaku ini terancam dijerat dengan pasal 365 KUHPidana tentang pencurian dengan kekerasan yang ancaman hukumannya 12 tahun penjara

Sementara itu petugas juga masih memburu dua orang pelaku lainnya yang telah ditetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO). “Kami masih melakukan perburuan terhadap dua pelaku lain yang identitasnya sudah dikantongi petugas. Keduanya terlibat dalam aksi pencurian dengan kekerasan kelompok MR,” terangnya