Operasi Sikat II Semeru, Polda Jatim Amankan 131 Preman

0

sergap TKP – SURABAYA

Operasi Sikat II Semeru yang digelar oleh Polda Jatim terhitung mulai tanggal 10 – 19 Desember 2017 berhasil mengamankan puluhan pelaku tindak pidana dan ratusan orang yang diduga sebagai preman.

“Ada 131 orang yang kita duga sebagai preman. Mereka kita amankan dan kita bina sebelum kami lepas kembali. Selain itu, ada 30 tersangka lain dengan barang bukti mulai dari senjata api, senjata tajam, motor, mobil, dan juga miras,” jelas Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jatim AKBP Juda Nusa Putra, Selasa (19/12/2017).

Dari puluhan tersangka yang diamankan dari 33 kasus kriminal tersebut, kasus yang paling menonjol adalah tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas). “Yang paling menonjol adalah kasus curas karena ada korban yang sampai mengalami luka berat. Ada juga perampokan di Blitar dengan menggunakan senjata api. Salah satu tersangkanya wanita yang ikut serta membantu aksi kejahatan,” papar mantan Kapolres Lamongan tersebut.

Sementara itu Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim, AKBP Boby Paludin Tambunan menjelaskan bahwa para preman yang berhasil diamankan oleh pihaknya dari berbagai lokasi tersebut bakal dibina sebelum akhirnya kembali dilepas ke daerahnya masing-masing.

“Karena hanya diduga sebagai preman, maka kami data dibina saja. Dengan begitu kami yakin mereka akan berpikir lagi jika mau melakukan tindak kejahatan,” tandasnya.