Walikota London Sebut Presiden Donald Trump Tidak Diterima di Inggris

0
Walikota London Saqid Khan (Instagram : @mayorofldn)
Walikota London Saqid Khan (Instagram : @mayorofldn)

sergap TKP – LONDON

Pasca sejumlah keputusan yang dilontarkan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menciptakan sejumlah gejolak seperti salah satu pernyataannya yang mengakui Yerusalem sebagai Ibukota Israel menjadi atensi dunia.

Walikota London, Sadiq Khan menyebut orang nomor satu di negeri Paman Sam tersebut tidak diterima di Inggris. Hal tersebut dilontarkan oleh Walikota Muslim pertama di London tersebut saat menjawab pertanyaan terkait kesiapan kunjungan kenegaraan resmi Donald Trump yang ditanyakan oleh Majelis London.

“Sebagai Walikota, saya akan selalu berbicara untuk melindungi kepentingan dan keamanan London. Sebelumnya saya pernah meminta Theresa May untuk membatalkan tawaran kunjungan kenegaraannya kepada Presiden Trump,” ucap Sadiq Khan seperti dilansir dari Anadolu, Kamis (28/12/2017).

Hal tersebut diungkapkan Khan lantaran salah satu tindakan Donald Trump yang meretweet aksi keji kelompok ekstremis dapat menimbukan perpecahan di Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

“Setelah kejadian terakhir, di mana Presiden Trump menggunakan Twitter untuk mempromosikan sebuah kelompok keji dan ekstremis yang ada semata-mata untuk menabur perpecahan dan kebencian di negara kita, jelas bahwa setiap kunjungan resmi di sini tidak akan disambut,” imbuhnya.

Kendati demikan Presiden AS tetap akan melangsungkan kunjungan tersebut meski berbagai kecaman menyerang dirinya termasuk penolakan yang dilontarkan Walikota London. Trump sendiri rencananya bakal menghadiri pembukaan kedutaan AS yang baru di Battersea, London dalam waktu dekat yang belum ditentukan.