Operasi Mantap Praja 2018

Ratusan Ribu Personel Bakal Amankan Pilkada Jatim Serentak 2018

0

sergap TKP – SURABAYA

Jelang pelaksanaan Pilkada serentak di Jawa Timur, Kepolisan Daerah Jawa Timur bersama sejumlah instansi terkait menggelar apel gelar pasukan ‘Operasi Mantap Praja 2018’ di halaman Mapolda Jatim, Jumat (5/1/2018).

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Widodo Iriansyah, Pangarmatim yang diwakili oleh Danpom Armatim, Kajati yang diwakili oleh Aspidum, Kabinda Brigjen TNI Lukmanul Khaqim, Ketua KPU Jatim Eko Sasmito, Ketua Bawaslu Jatim, Kasatpol PP Jatim Drs Budi Santoso, Kadishub Jatim, Pejabat Utama Polda Jatim dan unsur penyelengara Pilkada Jatim.

Dalam sambutannya Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menjelakan apel gelar pasukan ini dilakukan untuk mengecek kesiapan personel sarana dan prasarana Polri bersama unsur terkait sebelum dikirimkan ke lapangan.

“Apel Gelar Pasukan ini juga bertujuan untuk memperkuat sinergitas dengan segenap instansi terkait baik unsur TNI, Pemda, serta komponen masyarakat lainnya sebelum dimulainya tugas pengamanan sehingga diharapkan semua rancangan yang telah dipersiapkan bisa berjalan optimal,” papar Kapolda Jatim.

Kapolda juga memaparkan pesta politik 1 Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan 18 Pilkada Kabupaten/Kota di Jawa Timur tersebut anak diawali dengan pendaftaran para peserta pada tanggal 8 -10 Januari yang dilanjutkan dengan┬áverifikasi pasangan calon sampai tanggal 27 Januari, tahapan kampanye dan debat publik 18 Juni – 26 Juni, pemungutan suara 27 Juni, serta perhitungan dan rekapitulasi hasil perhitungan suara pada 27 Juni – 9 Juli 2018.

“Dalam rangka mengamankan pesta demokrasi di Jawa Timur tahun 2018 ini akan diturunkan sejumlah 120.999 personil yang terdiri dari 27.840 personil Polri dengan didukung 6.210 personil TNI dan 86.949 personil Linmas,” imbuh Jenderal dengan dua bintang dipundaknya tersebut.

Kapolda juga menambahkan kerawanan di setiap wilayah maupun daerah tidak boleh disikapi secara underestimate. I juag berharap para personel yang nanti bakal diturunkan bisa melaksanakan tugas pengamanan dengan sebaik-baiknya. ” Saya harap personil – personil yang akan melaksanakan pengamanan adalah personil yang siap dan tangguh,” ujarnya.