Lewat Ulama, Kapolda Ajak Masyarakat Untuk Gunakan Hak Pilihnya

0

sergap TKP – SURABAYA

Partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya adalah salah tolok ukur kesuksesan Pilkada. Untuk itu Kapolda Jatim meminta pada para ulama untuk mengajak masyarakat supaya bisa menggunakan hak pilihnya.

“Kyai dan ulama ini kan santrinya sangat banyak. Kami berharap ulama bisa tetap berpartisipasi ajak masyarakat ikut Pilkada karena partisipasi masyarakat jadi tolok ukur suksesnya Pilkada,” ujar Kapolda Jatim, Rabu (31/1/2018).

Sebab, menurut mantan Kadiv TI Polri tersebut peran ulama sangatlah penting dalam menjaga kondusifitas Jawa Timur. “Kyai bisa mengimbau para santri agar tidak terprovokasi dan terlibat permusuhan dan perpecahan. Ini yang harus dihindari,” ucap Machfud Arifin.

Untuk mengimbagi hal tersebut pihaknya tidak akan under estimated (berprasangka) dan akan tetap melakukan pengamanan semaksimal mungkin.

Sementara itu Panglima Kodam (Pangdam) V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman juga siap bersinergi dengan Polri dan Ulama. “Hari ini saya diundang Kapolda untuk bertemu dengan kyai dan ulama. Implementasi dari sinergi TNI Polri dengan ulama Madura dan Tapal Kuda ini sangat baik untuk menjaga kondusivitas wilayah jelang Pilkada 2018,” ujar Pagdam.

Bahkan pihaknya agan siap membantu kapanpun bila dibutuhkan. “Kami punya banyak pasukan baik di Korem dan Kodim serta batalyon yang bisa diperbantukan. Jika dibutuhkan, pasukan dari Kodam V Brawijaya siap dan on call. Kapan saja dibutuhkan, pasukan terdekat akan memback up pengamanan yang dilakukan oleh Polri,” pungkasnya.