Jaring Anggota Polri Berkualitas, SSDM Polri Gelar Rakernis

0

sergap TKP – SURABAYA

Menjelang penerimaan anggota Polri 2018, SSDM Polri menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) dan Rakorbin PNS Polri T.A. 2018 di Hotel Bhumi Surabaya, Selasa (7/2/2018).

“Hari ini (7/2) sampai dengan hari Jumat (9/2) kami seluruh jajaran SSDM Polri mengadakan rapat kerja teknis dan fokus persiapan recruitment dan seleksi anggota Polri dan seleksi pendidikan pengembangan untuk calon-calon pemimpin Polri 2018,” ujar Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Polri Irjen Pol Arief Sulistiyanto.

Untuk itu dalam Recruitment Rakernis tersebut pihaknya akan memperkuat komitmen, tekad, serta integritas untuk bisa melaksanakan recruitment anggota Polri yang benar-benar berkualitas.

“Recruitment Rakernis hari ini pada dasarnya pertama memperkuat komitmen dan tekad serta integritas kami seluruh pengelola sumber daya manusia (SDM) Polri dari tingkat Mabes Polri sampai dengan tingkat kewilayahan untuk betul-betul melaksanakan proses recruitment anggota Polri baru yang berkulitas, didasari kejujuran, nilai-nilai objektifitas, dan transparansi,” ujar Jenderal Polisi kelahiran Nganjuk tersebut.

Irjen Arief juga menegaskan tujuan dari penerapan proses tersebut tidak lain adalah untuk memperoleh calon anggota Polri yang berkulitas serta tidak ada lagi praktek-praktek penyimpangan KKN, tidak ada titip-titipan (sponsorship), dan sebagainya.

“Oleh karena itu kepada para panitia juga di lakukan penyumpahan, ini juga sudah saya tekankan betul tahun 2018 ini harus lebih baik daripada tahun 2017 yang dinilai Wakapolri dan Kapolri sebagai recruitment anggota Polri yang terbaik selama lima tahun terakhir,” ujar lulusan Akpol 1987 tersebut.

Selain itu pihaknya juga meminta agar awak media bisa ikut menyuarakan apa yang telah pihaknya sampaikan sehingga para calon anggota Polri tidak lagi berusaha mencari jalur atau cara lain diluar prosedur penerimaan anggota Polri.
“Untuk itu saya mohon juga pada rekan-rekan media untuk menyuarakan ini bahwa untuk menjadi anggota Polri tidak perlu titip kesana kemari, tidak perlu membayar kesana kemari cukup mempersiapkan kemampuannya sendiri, maju untuk berkompetisi, dan kalo memang bagus pasti akan diterima. Karena akan dilakukan dengan cara yang objektif dan terbuka sehingga jangan ada lagi yang percaya seseorang baik itu oknum anggota Polri yang kenal dengan pejabat ini pejabat itu, itu penipuan semuanya,” tegas Irjen Pol Arief.
Perwira dengan dua bintang dipunaknya terbut juga mengistilahkan cara-cara menembak diatas punggung kuda itu tidak berlaku dan yang berlaku adalah dengan kemampuan sendiri, percaya diri, maju untuk ikut seleksi, berkompetisi dengan yang lain-lainnya, dan apabila hasilnya memang bagus tentunya akan diterima dengan baik
Sementara itu ia juga menyampaikan, tahun 2018 ini pihaknya bakal menjaring 80.400 anggota bintara yang terdiri atas 400 Polwan dan 80.000 Polisi Laki-Laki. Selain itu juga ada beberapa bidang kompetensi khusus yang kita berasal dari SMK dengan kuota untuk Polair sebanyak 200 orang dan kuota IT sebanyak 200 orang.