Bea Cukai Juanda Gagalkan Penyelundupan Sabu Asal Malaysia

oleh

sergap TKP – SURABAYA

Petugas Bea dan Cukai Juanda berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu asal negeri Jiran, Malaysia yang dibawa melalui jalur udara mengunakan pesawat AirAsia dari Kuala Lumpur tujuan Surabaya oleh seorang Warga Negara Indonesia berinisial P (26) dan Tenaga Kerja Wanita asal Indonesia berinsial S (36).

Kepala Kantor Bea dan Cukai Juanda, Budi Harjanto menjelaskan bahwa dari tersangka pertama yakni P, pihaknya berhasil mengamankan 137 gram narkotika jenis sabu-sabu yang disimpan oleh tersangka dengan modus backdoor atau di simpan dalam anus.

“Jadi dimasukan dalam dua karet atau dua bantalan dalam bentuk karet yang kemudian disimpan dalam anus. Yang bersangkutan Ini berharap dengan dimasukan kedalam anus tidak ketahuan karena saat di x-ray tidak ketahuan,” ucap Budi Harjanto, Selasa (27/3/2018).

Tapi pihak Bea Cukai sudah mengendus perjalan pelaku kemudian membawa yang bersangkutan ke Rumah Sakit untuk dilakukan rontgen. “Dan memang terbukti dari hasil rontgen tersebut ada benda mencurigakan dalam anus yang bersangkutan. Kemudian kita paksa untuk dikeluarkan,” imbuhnya.

Sementara untuk kasus yang kedua dimana seorang TKW berinisial S yang membawa sabu-sabu dengan modus disimpan dalam race cooker atau penanak nasi. “Yang isinya didalamnya adalah bawang jadi dibawakan bahwa isinya adalah bawang saja kemudian di dalam lapisan bawahnya seperti yang lalu diselipkan sabu dengan total 925 gram,” beber Budi.

Tinggalkan Balasan